Title:


PEMASARAN PRODUK HASIL PERTANIAN DESA PASURUHAN KECAMATAN MERTOYUDAN MELALUI MEDIA SOSIAL: STRATEGI PENDAMPINGAN TERSTRUKTUR


Author:


Mail Besty Trymastuty(1*)
Mail Hernanda Rizqi Alfannisa(2)
Mail Firstya Evi Dianastiti(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v1i1.3148| Abstract views : 21 | PDF views : 0

Abstract


Produktivitas pertanian yang tinggi dan teknologi yang semakin maju merupakan hal penting dalam membantu ketahanan pangan. Munculnya berbagai macam teknik penjualan juga menjadi cara untuk mempercepat pemasaran hasil pertanian. Salah satu teknik pemasaran yang saat ini sedang tren adalah pemasaran melalui online. Adanya teknologi yang berkembang pesat menumbuhkan laju pertumbuhan ekonomi, sayangnya masih banyak yang belum memanfaatkan kemajuan teknologi ini terutama untuk pemasaran hasil tanam. Penelitian ini akan mensosialisaikan pemanfaatan teknologi informasi (internet) dalam meningkatkan pemasaran hasil pertanian. Lokasi penelitian di Desa Pasuruhan Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang, yang merupakan salah satu penghasil beras dan palawija. Penelitian ini dilakukan dengan diskusi serta tanya jawab melalui sosialisasi. Masih banyak petani di Desa Pasuruhan yang kurang menguasai teknologi berbasis internet. Sarana dan prasarana yang masih kurang dan buruk dapat menghambat proses terdistribusinya hasil/produk pertanian sehingga peningkatan perekonomian petani tetap rendah, serta pencanangan swasembada pangan dalam menyongsong ketahanan pangan negara tidak mengalami peningkatan.


Keywords


pertanian; internet; pemasaran online

Full Text:

PDF

References


Diwangkara, C. (2020). UPAYA BELA NEGARA MELALUI KETAHANAN PANGAN DIMASA PANDEMI COVID-19 (Efforts to Defend Countries through Food Security in the Pandemic COVID-19). Available at SSRN 3621404.

Nidya, I. R. (2020). Duta Petani Milenial: Covid-19 Buka Peluang bagi Produk Pertanian Lokal. Kompas. Diakses pada 16 Agustus 2020 dari https://money.kompas.com/read/2020/03/26/102910726/duta-petani-milenial-covid-19-buka-peluang-bagi-produk-pertanian-lokal

Farhanah, (2020). Sisi Lain Pandemi Covid-19, Produk Pertanian Lokal Laku Keras. Kompas. Diakses pada 16 Agustus 2020 dari https://money.kompas.com/read/2020/03/22/172522826/sisi-lain-pandemi-covid-19-produk-pertanian-lokal-laku-keras

Bariyyah & Permatasari. D., (2017), Pelatihan Pemanfaatan Media Online dalam Layanan Bimbingan Konseling bagi Konselor Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Pamekasan Madura. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat IKIP PGRI Jember, 1(1), 63–69.

Kosasi, S., (2014). Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Untuk Memperluas Pangsa Pasar. Prosiding, SNATIF Ke-1 Tahun 2014. Fakultas Teknik –Universitas Muria Kudus, hal 225-232.




DOI: https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3148

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.