Title:


PELATIHAN PEMBUATAN IRIGASI TETES SEDERHANA GUNA MENINGKATKAN HASIL LAHAN TALAS DI KAMPUNG KIRINGAN BARU


Author:


Mail Milky Dinarias Krisyuniawan(1*)
Mail Tri Agus Gunawan(2)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v1i1.3150| Abstract views : 5 | PDF views : 0

Abstract


Pelatihan pembuatan irigasi tetes ini dilakukan guna meningkatkan hasil lahan talas di kampung Kiringan Baru supaya memajukan kesejahteraan masyarakat. Pelaksanaan dari kegiatan ini dilakukan melalui empat tahap. Tahap pertama adalah survei lahan yang berada di lokasi kampung Kiringan Baru. Tahap kedua adalah persiapan alat dan bahan pembuatan irigasi tetes. Tahap ketiga adalah sosialisasi, pelatihan pembuatan alat irigasi tetes sederhana, dan pemasangan alat irigasi tetes. Tahap terakhir adalah monitoring perkembangan lahan dan tanaman talas setelah pelatihan, kegiatan ini dilakukan setiap seminggu sekali guna melihat perkembangan tanaman talas. Untuk menganalisis perkembangan hasil pelatihan dilakukan dengan cara melihat perkembangan dari tanaman talas dan juga kelembapan tanah. Hasil dari pelatihan ini adalah adanya perkembangan dari tanaman talas yang diberi alat irigasi tetes meskipun masih belum secara maksimal. Hal ini mungkin dikarenakan masih adanya faktor lain seperti jenis tanah yang terdapat di lokasi kampung Kiringan Baru yang tergolong cukup kering, sehingga pertumbuhan tanaman talas terkendala atau kurang maksimal.


Keywords


irigasi tetes; talas; pertanian

Full Text:

PDF

References


Ehret, D. L., B. Frey, et al. (2012). "Effects of Drip Irrigation Configuration and Rate on Yield and Fruit Quality of Young Highbush Blueberry Plants.".HORTSCIENCE 47(3): 414-421.

Nurchaliq, A., Baskara, M., & Suminarti, N. E. (2014). Pengaruh jumlah dan waktu pemberian air pada pertumbuhan dan hasil tanaman talas (Colocasia esculenta (L.) Schott var. Antiquorum). Jurnal Produksi Tanaman, 2(5).

Ridwan, D. (2013). Model jaringan irigasi tetes berbasis bahan lokal untuk pertanian lahan sempit. Jurnal Irigasi, 8(2), 90-98.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suminarti, N. E. 2011. Teknik Budidaya Tanaman Talas Colocasia esculenta (L.) Schott var. Antiquorum Pada Kondisi Kering dan Basah. Disertasi tidak di publikasikan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya Malang.

Suminarti, N. E. (2015). Pengaruh Tingkat Ketebalan Mulsa Jerami pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Talas (Colocasia esculenta (L.) Schott var. Antiquorum). Jurnal Agro, 2(2), 1-13.

Udiana, I. M., W. Bunganaen, et al. (2014). "Perencanaan Sistem Irigasi Tetes (Drip Irrigation) di Desa Besmarak Kabupaten Kupang.". Jurnal Teknik Sipil III(1).

Widiastuti, I., & Wijayanto, D. S. (2018). Implementasi Teknologi Irigasi Tetes pada Budidaya Tanaman Buah Naga. Jurnal Keteknikan Pertanian, 6(1), 1-8.




DOI: https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3150

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.