Title:


PENDAMPINGAN BELAJAR PADA MASA PANDEMI BERBASIS DONGENG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS


Author:


Mail Kevin Aditia(1*)
Mail Kartika Putri Wulandari(2)
Mail Nuryunita Dewantari(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v1i1.3163| Abstract views : 85 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan melakukan pendampingan belajar berbasis dongeng dimasa pandemi. Metode penelitian menggunakan beberapa tahap yaitu survei mengenai kondisi lapangan dan identifikasi permasalahan pengumpulan materi, penyusunan bahan ajar dan penyusunan perencanaan pembelajaran serta pelaksanaan yang dikakukan secara tatap muka di tempat salah satu wali murid di desa Karanglegi. Teknik analisis pada tahap pertama hanya dengan memberikan pendampingan untuk mengidentifikasi permasalahan dan hasil yang diperoleh antara lain siswa kurang paham dengan tugas yang diberikan serta minat siswa dalam berusaha untuk menemukan suatu jawaban cukup rendah. Kemudian pada tahap kedua menggunakan teknik pemberian perlakuan meliputi kegiatan menggambar dan mewarnai yang bertema COVID-19 serta menggunakan video dongeng dalam memberikan materi guna melihat seberapa tinggi motivasi dan tingkat berpikir kritis siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hasil yang didapat dari tahap kedua yakni siswa mulai tertarik dan antusias dalam belajar. Teknik yang selanjutnya ialah dengan menggunakan dongeng sebagai media pembelajaran dan terbukti mampu meningkatkan tingkat berpikir kritis siswa.

Keywords


pendampingan belajar; dongeng; pandemi; berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Ardini, P. P. (2012). Pengaruh Dongeng dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1)

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatakan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat Sekolah Dasar pada masa pandemi Covid-19. LAMPUHYANG, 11(2), 13-25.

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah, 1(1), 82-93.

Boa, E. A., Wattanatorn, A., & Tagong, K. (2018). The development and validation of the Blended Socratic Method of Teaching (BSMT): an instructional model to enhance critical thinking skills of undergraduate business students. Kasetsart Journal of Social Sciences 39, 81-89.

Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemi Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-12.

Fitri, J. (2018). Penguasaan konsep siswa pada materi ekosistem melalui penerapan model Problem Posing Learning (PPL) berbasis dongeng Sains. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Fitroh, S. F., & Sari, E. D. N. (2015). Dongeng sebagai media penanaman karakter pada anak usia dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 95-105.

Habsari, Z. (2017). Dongeng sebagai pembentuk karakter anak. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 21-29.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam masa pandemi COVID-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.

Kurniawan, H. (2013). Keajaiban mendongeng. Jakarta: BIP Gramedia.

Mahase, E. (2020). Coronavirus: covid-19 has killed more people than SARS and MERS combined, despite lower case fatality rate. The BMJ.

McNamara, J., Sweetman, S., Connors, P., Lofgren, I., & Greene, G. (2020). Using interactive nutrition modules to increase critical thinking skills in college courses. Journal of Nutrition Education and Behavior, 52(4), 343-350.

Pertiwi, A. R. (2011). Peningkatan Minat Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Mendongeng (Story Telling) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pabelan 02 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011. (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Rosada, U. D. (2016). Memperkuat Karakter Anak Melalui Dongeng Berbasis Media Visual. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(1), 42-49.

Rosnawati, R. (2012, June). Berpikir kritis melalui pembelajaran matematika untuk mendukung pembentukan karakter siswa. In Makalah. Disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan di Universitas Sanada Dharma.

Sarigoz, O. (2012). Assesment of the high school student's critical thinking skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences 46, 5315 – 5319.

Smith, A. W., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak . Journal of Travel Medicine.

Sophya, I. V. (2014). Membangun kepribadian anak dengan dongeng. Education Journal, 2(10).

Wahyuni, S. (2016). Pengembangan bahan ajar IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal materi dan pembelajaran fisika, 5(2), 47-52.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3163

Article Metrics

Abstract view : 85 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.