Title:


PEMBUATAN HAND SANITIZER ALAMI DENGAN MEMANFAATKAN TUMBUHAN DAUN SIRIH DI RW 04 DESA SETIA MEKAR


Author:


Mail Adinda Permatasari Putri Efendi(1*)
Mail Nur Sholikah(2)
Mail Riva Ismawati(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v1i1.3197| Abstract views : 86 | PDF views : 0

Abstract


ABSTRAK

Kasus Covid-19 di Indonesia terus bertambah hingga saat ini. Virus ini menyebar ke berbagai penjuru Indonesia, termasuk Desa Setia Mekar, Kabupaten Bekasi. Status Desa ini adalah zona merah. Daerah zona merah memiliki tingkat potensi risiko penularan yang sangat tinggi. Masyarakat tentunya harus lebih disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan, terutama memakai hand sanitizer. Hal ini menyebabkan tingginya permintaan hand sanitizer di masyarakat. Angka permintaan yang tidak sebanding dengan angka penawaran menyebabkan naiknya harga hand sanitizer. Oleh karena itu, dibutuhkan alternatif yang dapat menjadi solusi untuk menghemat pengeluaran ditengah pandemi seperti sekarang ini. Tujuan dari kegiatan pemberdayaan ini untuk mengedukasi masyarakat Desa Setia Mekar, khsususnya RW 04 Desa Setia Mekar agar dapat membuat hand sanitizer sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar. Tahapan kegiatan yang dilaksanakan dalam program pengabdian ini meliputi tahap sosialisasi, tahap pelaksanaan pembuatan hand sanitizer, dan tahap evaluasi. Pelaksanaan progam pembuatan hand sanitizer alami ini didemonstrasikan secara langsung dengan melibatkan masyarakat RW 04 Desa Setia Mekar dan ibu-ibu PKK RW 04 dan ibu-ibu PKK RT 04 RW 04. Jumlah peserta yang mengikuti sosialisasi adalah 15 orangĀ  di RW 04 dan 10 orang di RT 04 RW 04 karena menyesuaikan dengan anjuran dari kepala RW 04 Desa Setia Mekar yang menghendaki untuk tidak dilakukannya pengumpulan masyarakat lebih dari 15 orang dalam satu ruangan. Hasil program pengabdian ini adalah produk hand sanitizer alami berbahan dasar daun sirih, yang dapat dimanfaatkan masyarakat RW 04 Desa Setia Mekar guna meningkatkan ekonomi masyarakat disana.

Keywords


hand sanitizer; alami; daun sirih

Full Text:

PDF

References


Cowan, M. M. (1999). Plant products as antimicrobial agents. Clinical microbiology reviews, 12(4), 564-582.

Darwis, S. N. (1991). Potensi sirih (Piper betle Linn) sebagai tanaman obat. Warta tumbuhan obat Indonesia, 1(1), 11-12.

Harapini, M., Agusta, A., & Rahayu, R. D. (1995). Analisis komponen kimia minyak atsiri dari dua macam sirih (Daun kuning dan hijau). Prosiding Simposium Nasional I Tumbuhan Obat dan Aromatika. Bogor, 10-12.

Heyne, K. (1987). Tumbuhan Berguna Indonesia II Edisi 2. Yayasan Sarana Wana Jaya. Jakarta.

Hoque, M. M., Rattila, S., Shishir, M. A., Bari, M. L., Inatsu, Y., & Kawamoto, S. (2011). Antibacterial activity of ethanol extract of betel leaf (Piper betle L.) against some food borne pathogens. Bangladesh Journal of Microbiology, 28(2), 58-63.

Mariyatin, H., Widyowati, E., & Lestari, S. (2014). Efektivitas Antibakteri Ekstrak Daun Sirih Merah (Piper Crocatum) dan Sirih (Piper Betle L.) sebagai Bahan Alternatif Irigasi Saluran Akar (The Efectiveness of Red Piper Betle (Piper Crocatum) Leaf and Green Piper Betle (Piper Bettle L) Leaf Extract. e-Journal Pustaka Kesehatan, 2(3), 556-562.

Moeljanto, R. D., & Mulyono, D. (2003). Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Obat Mujarab dari Masa ke Masa. Agromedia Pustaka, Jakarta.

Nuraini, A. D. (2007). Ekstraksi komponen antibakteri dan antioksidan dari biji teratai (Nymphaea pubescens Willd). Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Putri, Z. F. (2010). Uji aktivitas antibakteri ekstrak etanol daun sirih (Piper betle L.) terhadap Propionibacterium acne dan Staphylococcus aureus multiresisten (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rosman, R., & Suhirman, S. (2006). Sirih tanaman obat yang perlu mendapat sentuhan tekonologi budaya. Warta Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri, 12(1), 13-15.




DOI: https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3197

Article Metrics

Abstract view : 86 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.