Title:
PEMBERDAYAAN GURU DALAM MASA NEW NORMAL DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DI SDN TAMAN AGUNG 4 SECARA DARING
Author:
Abstract
Perkembangan seorang anak tidak akan lepas dari Pendidikan yang telah menjadi salah satu sektor paling berpengaruh, terlebih lagi dengan adanya pandemi korona. Banyak negara yang terkena dampak, maka dari itu pemerintah Indonesia telah mengambil beberapa tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mengurangi penyebaran virus. Hal ini menimbulkan kendala dalam semua kegiatan pendidikan terutama dalam proses belajar mengajar. Artikel ini diharapkan dapat digunakan untuk memberikan pengarahan dan pemberdayaan tenaga pendidik untuk melaksanakan pembelajaran pada periode pandemi ini dengan menerapkan pendekatan pembelajaran layanan daring Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik memiliki banyak pilihan media online yang dapat digunakan untuk proses belajar mengajar, mulai dari media sosial (WhatsApp), media sistem pengelolaan pembelajaran (google kelas, Edmodo), dan konferensi video (Zoom, google bertemu). Dalam pemberdayaan pembelajaran daring ini, pendidik lebih banyak menggunakan WhatsApp sebagai media utama penyampaian materi di kelas online, sedangkan media Google Classroom digunakan untuk mengelola tugas siswa. Beberapa aplikasi lain juga digunakan untuk menjadi pendukung media pembelajaran daring di kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran, Jakarta: PT Grafindo Persada.
Chee, Ken Nee, Noraffandy Yahaya, Nor Hasniza Ibrahim, and Mohamed Noor Hasan. (2017). “Review of Mobile Learning Trends 2010-2015: A Meta-Analysis.” Journal of Educational Technology & Society 20, no. 2: 113–126.
Effendi, Empy dan Hartono, Zhuang. (2005). ELearning: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Huang, R H, D J Liu, A Tlili, J F Yang, and H H Wang. (2020). “Handbook on Facilitating Flexible Learning during Educational Disruption: The Chinese Experience in Maintaining Undisrupted Learning in COVID-19 Outbreak.” Beijing: Smart Learning Institute of Beijing Normal University.
Liu, Peilin, Lei Shi, Wei Zhang, Jianan He, Chunxiao Liu, Chunzhong Zhao, Siu Kai Kong, Jacky Fong Chuen Loo, Dayong Gu, and Longfei Hu. (2017). “Prevalence and Genetic Diversity Analysis of Human Coronaviruses among Cross-Border Children.” Virology Journal 14, no. 1. 230.
Nur, M. R. O., Ardita, Y., & Oliviera, B. (2020). Digital Native Students’ Perspectives of Online Games Use for Learning Grammar in English Class at Avizena.Edu Private Course. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 24-30. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.236
Pedro, Luís Francisco Mendes Gabriel, Cláudia Marina Mónica de Oliveira Barbosa, and Carlos Manuel das Neves Santos. (2018). “A Critical Review of Mobile Learning Integration in Formal Educational Contexts.” International Journal of Educational Technology in Higher Education 15, no. 1:10.
Sam, D Praveen. (2016). “Learning beyond the Classroom through WhatsApp: An Informal Channel to Motivate Learners to Stay Connected.” Asian Journal of Research in Social Sciences and Humanities 6, no. 9:1826–1833.
Wajdi, Muh Barid Nizarudin, Iwan Kuswandi, Umar Al Faruq, Zulhijra Zulhijra, Khairudin Khairudin, and Khoiriyah Khoiriyah. (2020). “Education Policy Overcome Coronavirus, A Study of Indonesians.” EDUTEC: Journal of Education And Technology 3, no. 2:96–106.
Waldner, Leora S, Murray C Widener, and Sue Y McGorry. (2012). “E-Service Learning: The Evolution of Service-Learning to Engage a Growing Online Student Population.” Journal of Higher Education Outreach and Engagement: 123–150.
Way, Denny, Walter. (2006).Online Testing Research: Informing And Guiding Transitions ToComputerized,(online) (www.pearsonassessments.com/NR /Online Test Research_wp0601.pdf)
DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3200
Article Metrics
Abstract view : 36 timesPDF - 0 times
Cited By
Refbacks
- There are currently no refbacks.