Title:


PELATIHAN PEMBUATAN IKLAN UNTUK MEMPROMOSIKAN PRODUK KOPI MELALUI DIGITAL MARKETING DI DESA BALESARI


Author:


Mail Ambara Maharani(1*)
Mail Dewi Mariyam(2)
Mail Tri Ardiningtyas(3)
Mail Endah Ratnaningsih(4)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(4) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v1i1.3202| Abstract views : 14 | PDF views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Pandemi COVID-19 ini telah membuat banyak sektor lumpuh, termasuk dalam bidang ekonomi, yang menekan pengusaha/wirausahawan untuk tetap menjalankan bidang usahanya demi memenuhi kebutuhan hidup baik karyawan ataupun keluarganya. Masalahnya, tidak semua orang mampu bersaing dalam bidang bisnis selama pandemi terutama pada sektor pengusaha kecil di desa. Sementara itu, kemajuan penjualan  kopi  juga dipertaruhkan karena omset mulai menurun drastis. Hal ini dialami oleh anggota Pokja Kopi Giyanti di DesaBalesari. Oleh karena itu, anggota Pokja Kopi Giyanti di DesaBalesari membutuhkan pelatihan pembuatan iklan untuk mempromosikan produk kopi melalui digital marketing. Tujuannya, agar anggotaPokja Kopi Giyanti DesaBalesari tetap dapat bersaing dalam dunia bisnis kopi. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan  pemantauan melalui daring dan tatap muka yang dilaksanakan setiap hari Rabu dan Jumat mulai pukul13.00-16.00. Hasilnya, setelah mengikuti pelatihan pembuatan iklan ini, persentase pendapatan penjualaan Kopi Giyanti meningkat dan motivasi minat dari anggota Pokja Kopi Giyanti semakin tinggi.


Keywords


covid-19; digital marketing; media masa; pelatihan iklan; Pokja Kopi

Full Text:

PDF PDF

References


Lesmana, G. (2016) Tesis: Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadap Pembentukan

Brand Attachment (Studi: PT. XL AXIATA), (Program Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi,

Universitas Indonesia). hal, 10-11

Wijayanto, F. 2012. Social Media: Definisi, Fungsi, Karakteristik. http://prezi.com/vddmcub_-ss_/social-media-definisi-fungsi-karakteristik/. diakses pada tanggal 21 Agustus 2020

Salamadian, 2018. Pengertian Iklan : Ciri, Tujuan, Unsur, Jenis-Jenis Iklan & Contohnya. https://salamadian.com/pengertian-jenis-macam-iklan/ diakses pada tanggal 21 Agustus 2020

Pengajarku. 2020. Iklan adalah. https://pengajar.co.id/iklan-adalah/ diakses pada tanggal 21 Agustus 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3202

Article Metrics

Abstract view : 14 times
PDF - 0 times PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.