Title:


MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL HURUF SISWA KELAS 1 SD NEGERI NGARGORETNO 1 MELALUI BUKU BERGAMBARINTERAKTIF


Author:


Mail Slamet Riyadi(1*)
Mail Sakdiyah Sakdiyah(2)
Mail Ari Safina(3)
Mail Moch Malik Al Firdaus(4)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(4) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v1i1.3208| Abstract views : 7 | PDF views : 0

Abstract


Pandemi Covid 19 yang terjadi saat ini telah membuat perubahan yang besar dalam dunia pendidikan di Indonesia. Salah satunya, yaitu adanya perubahan dalam penerapan pembelajaran yang semula konvensional atau secara tatap muka berubah menjadi daring. Perubahan ini tentu saja menimbulkan beberapa permasalahan, sebagaimana dirasakan oleh siswa kelas 1 SD Negeri Ngargoretno 1. Beberapa permasalahan yang muncul seperti sarana dan prasarana yang kurang mendukung, akses sinyal yang sulit, kemampuan orang tua dalam menggunakan teknologi rendah, serta minat belajar siswa yang menurun. Berdasarkan observasi, penulis menemukan bahwa kemampuan siswa kelas satu SD Negeri Ngargoretno 1 dalam mengenal huruf juga masih rendah. Sekitar 75% dari keseluruhan siswa kelas satu belum memahami huruf dengan baik. Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini dilaksanakan guna membantu siswa kelas 1 dalam meningkatkan kemampuan menghafal huruf. Penyebab lain dari masih rendahnya kemampuan siswa dalam mengenal huruf yaitu karena kurangnya media pembelajaran yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptive. Untuk membantu menyelesaikan permasalahan di atas, penulis membuat media interaktif berupa buku “Bermain dan Belajar ABC” yang dapat digunakan oleh siswa kelas 1 SD Negeri Ngargoretno 1 dalam menghafal huruf. Di akhir kegiatan dilakukan survey mengenai kepuasan serta peningkatan siswa setelah menggunakan buku tersebut. Hasil survey menunjukkan bahwa mereka merasa senang dan dapat mengingat huruf dengan mudah setelah menggunakan buku tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan buku bergambar interaktif ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan menghafal huruf di kelas I SDN Ngargoretno 1.


Keywords


menghafal; siswa; huruf; buku; interaktif

Full Text:

PDF

References


Mardhiah, A., & Akbar, S. A. 2018. Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 49-58.

Muhyidin, Asep. Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Bahasa Indonesia di Kelas Awal. Jurnal Untirta. 1-12. Jurnal.Untirta.ac.id

Mustofa, MI, dkk. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. WJIT: Walisongo Journal of Information Technology, 1 (2), 151-160. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/j it/article/view/4067

Purwanto,A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C.C., Wijayanti, L. M., dan Putri, R.S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCounts: Journal of Education, Psychological and Counseling, 2(1), 1-12. Putra, I. A., & Sujarwanto, E. 2016. Bahan Ajar Alat Ukur dan Pengukuran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal

Pendidikan Sains, 4(3): 81-89.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3208

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.