Title:


PENDAMPINGAN BELAJAR DI RUMAH BAGI SISWA SEKOLAH DASAR TERDAMPAK COVID-19


Author:


Mail Tri Handayani(1*)
Mail Hariyani Nur Khasanah(2)
Mail Rolisda Yoshinta(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) , Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v1i1.3209| Abstract views : 103 | PDF views : 0

Abstract


Covid-19 telah memaksa seluruh aspek kehidupan untuk melakukan penyesuaian. Untuk mencegah penyebaran Covid-19, pembelajaran di semua level pendidikan di Indonesia harus dilakukan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan yang dihadapi siswa SD di Dusun Kedungrengit, Desa Tegalarum, Kecamatan Borobudur selama pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19, dan mengetahui peran program pendampingan belajar di rumah terhadap pemahaman belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan metode  deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 9 siswa kelas 4 sekolah dasar di Dusun Kedungrengit, Desa Tegalarum, Borobudur yang menjalankan pembelajaran daring. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode triangulasi melalui tiga cara yaitu  observasi partisipatif aktif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring, antara lain  keterbatasan interaksi guru dalam menjelaskan materi sehingga banyak siswa yang tidak paham, ketidaksiapan orang tua dalam membimbing anaknya belajar, dan biaya internet yang dikeluarkan selama pembelajaran daring menjadi lebih banyak. Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut, program pendampingan belajar diberikan bagi siswa terdampak Covid-19. Program ini dinilai berdampak positif baik bagi siswa maupun orang tua siswa untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi.

Keywords


Covid-19; hambatan; pembelajaran daring; pendampingan belajar

Full Text:

PDF

References


Cresswell. (2016). Reserch Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fadhilaturrahmi. (2017). Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu : Journal of Elementary Education, Vol. 1 No. 2, 76-84.

Krissandi, A. D. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum 2013. Cakrawala Pendidikan , Vol. XXXIV No.3 , 457-467.

Mulyana. (2014). Guru dalam Imlementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Pakter, A. &. (2013). The Daily Text : Increasing Parental Involvement In Education With Mobile Text Messaging. Journal Education Technological System, Vol. 41 No. 4, 352-367.

Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019(COVID-19). edukatif : jurnal ilmu pendidikan, 28-37.

Simonson, M. (2019). Distance Learning Journal (Book 2) (Vol 16). Charlotte: Information Age Publishing.

Woolfolk, A. (2009). Educational Psicology Active Learning Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209

Article Metrics

Abstract view : 103 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.