Title:


PROGRAM LET’S READ LET’S CREATE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH DASAR


Author:


Mail Google Scholar Candradewi Wahyu Anggraeni(1*)
Mail Arum Nisma Wulanjani(2)
Mail Gilang Fadhilia Arvianti(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v2i1.3368| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Tujuan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) ini adalah menumbuhkan minat budaya membaca dan menulis / budaya literasi siswa-siswa di SDN Kramat 5 terhadap Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, dan Bahasa Inggris dengan tujuan menerapkan pesan nasional Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, Kuasai Bahasa Asing di era milenial ini. Melalui program Let’s Read, Let’s Create dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa dan mengoptimalkan kembali perpustakaan atau pojok baca yang ada di SDN Kramat 5. Ada lima tahapan untuk metode pelaksanaan PPM yang terdiri dari observasi, perencanaan, pelaksanaan, penerapan, dan evaluasi. Hasil dari PPM ini menunjukan bahwa program Let’s Read, Let’s Create adalah program yang bagus untuk melawan berita palsu atau hoax sejak dini. Program Let’s Read, Let’s Create terdiri dari 1) pelatihan membaca dan menulis dengan program Let’s Read, Let’s Create, 2) pelatihan membaca melalui metode Skimming-Scanning, 3)pelatihan menulis melalui metode Hamburger Writing, and 4) pelatihan berbicara melalui Fun Story Telling.


Keywords


literasi, hamburger writing, story telling

Full Text:

PDF

References


Hutapea, E. (2019). Literasi Baca Indonesia Rendah, Akses Baca Diduga jadi Penyebab. Koran Kompas, diakses dari https://edukasi.kompas.com/read/

Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015, halaman 146-156.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v2i1.3368

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.