Title:


EDUKASI PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 SERTA PENGENALAN TOGA KEPADA ANAK DI DESA TRASAN


Author:


Mail Zuni Ristianingsih(1*)
Mail Siti Mulyani(2)
Mail Siti Maemunatun(3)
Mail Farikah Farikah(4)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(4) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v2i1.3599| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Pandemi Covid-19 merupakan sebuah tantangan baru yang harus dihadapi bangsa Indonesia. Berbagai daya upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menekan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia yang kian hari kian meningkat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memutus rantai persebaran Covid-19 adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya serta cara menghindari virus berbahaya ini melalui kegiatan edukasi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai penanggulangan penularan Covid-19 serta cara meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari virus Corona menggunakan Tanaman Obat Keluarga. Kegiatan edukasi dilakukan melalui dua metode yaitu online dan offline. Metode online digunakan untuk penyebarluasan informasi mengenai Covid-19 menggunakan poster melalui sosial media. Sedangkan metode offline dilakukan secara langsung melalui pertemuan terbatas dengan mematuhi protokol kesehatan, untuk edukasi Tanaman Obat Keluarga menggunakan metode permainan “Ayo Tebak Aku”. Mekanisme permainan ini yaitu anak-anak melakukan pengamatan pada bagian-bagian tanaman Tanaman Obat Keluarga seperti daun, batang, bunga, maupun buahnya. Kemudian, mereka akan menebak nama tanaman Tanaman Obat Keluarga tersebut berdasarkan ciri-ciri yang terlihat atau dari aroma khasnya. Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif pada hasil pengamatan langsung selama anak melakukan permainan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan edukasi ini adalah pemahaman siswa mengenai pencegahan Covid-19 dan Tanaman Obat Keluarga menjadi meningkat, dimana sebelumnya anak-anak belum begitu menyadari akan pentingnya memakai masker setiap keluar rumah, cuci tangan pakai sabun, social distancing, serta pemahaman mengenai Tanaman Obat Keluarga masih sangat terbatas.

Keywords


Covid-19; Imunitas tubuh; Tanaman Obat Keluarga

Full Text:

PDF

References


Dinas kesehatan provinsi Jawa Tengah. (2020) Sebaran kasus covid-19 di Jawa Tengah. http://corona.jatengprov.go.id/, diakses 21 Agustus 2020.

Dinas kesehatan Kabupaten Magelang. (2020). Statistik covid-19. Magelang. https://infocorona.magelangkab.go.id/, diakses 21 Agustus 2020.

Jamu digital.com. (2020). Optimalisasi Tanaman Obat Era Covdi-19. https://www.jamudigital.com/berita?id=Optimalisasi_Tanaman_Obat_Era_COVID-19, diakses 25 Agustus 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v2i1.3599

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.