Title:


ANALISIS PERILAKU HIDUP SEHAT MASYARAKAT DUSUN NEPAK, MERTOYUDAN DI ERA NEW NORMAL


Author:


Mail Irmadela Sariputri(1*)
Mail Ari Kurniawati(2)
Mail Valda Shabrina Rahma(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v2i1.3600| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Awal tahun 2020 ini di seluruh dunia diguncang dengan pandemi Virus Corona (Covid-19) yang membuat kepanikan dimana-mana termasuk di Indonesia. Tujuan kegiatan Kuliah Kerja Nyata pengabdian masyarakat ini adalah untuk Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa dengan memberikan pengetahuan dan kemampuan dalam mengantisipasi penyebaran covid-19. Metode    yang    digunakan    dalam    kegiatan pengabdian   masyarakat   ini   adalah sosialisasi   hidup   bersih   untuk mengantisipasi  pencegahan  penyebaran  virus,  menggunakan masker di setiap kegiatan, menyediakan  tempat cuci   tangan, menggunakan hand sanitizer   dan   cara   melakukan   penyemprotan. Adapun   jumlah peserta adalah warga Dusun Nepak, Bulurejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah warga Dusun Nepak, Bulurejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang memiliki  pengetahuan dan   kemampuan untuk senantiasa menjaga pola hidup sehat untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 dan lebih waspada dalam menghadapi pandemi covid-19 yang sedang berlangsung.

Keywords


Covid-19, era new normal, perilaku hidup sehat

Full Text:

PDF

References


Apriliani, F. T., Wibowo, H., Humaedi, S., & Irfan, M. (2020). MODEL KEBERFUNGSIAN SOSIAL MASYARAKAT PADA KEHIDUPAN NORMAL BARU. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 133-141.

Habibi, A. (2020). Normal Baru Pasca Covid-19. 'ADALAH, 4(1).

Hardy, F. R. (2020). Herd Immunity Tantangan New Normal Era Pandemi Covid 19. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(2), 55-55.

Murwaningrum, A. (2020). New Normal: Tatanan baru ditengah pandemi covid 19.

Pelangai, N. P., & Pesisir, K. R. Meningkatkan Kesadaran Masyarakat untuk Memperhatikan Prokes (Protokol Kesehatan) dalam Beraktivitas di Era NeNo (New Normal) dengan Media PEPC (Poster Edukasi Pencegahan Covid-19) Melalui Media Wafagram (WA, Facebook, dan Instagram) di Kampung Padang Laban.

Rusman, A. A. (2018, December). SOSIALISASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT KEPADA SISWA SEKOLAH DASAR DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT DI KOTA CIMAHI. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) (Vol. 1, No. 1, pp. 39-55).

Tunda, A., Ibrahim, I., Sofian, N. I., Kurniawan, A., Tawulo, M. A., Jabar, A. S., ... & Yusuf, B. (2020). Kesuksesan Mencegah Penyebaran Covid-19 dari Kampung: Sosialisasi Door to Door di Kelurahan Bone Lippu Kecamatam Kulisusu Kabupaten Buton Utara. Prosiding Nasional Covid-19, 109-112.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v2i1.3600

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.