Title:


EDUKASI MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN DARING DI SDN 2 SETROKALANGAN


Author:


Mail Diah Rosita Dewi(1*)
Mail Riski Sholekah(2)
Mail Anada Iranda Matin(3)
Mail Rini Estiyowati Ikaningrum(4)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(4) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v2i1.3601| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar dalam bidang pendidikan di Indonesia. Pelaksanaan pembelajaran yang semula luring berganti menjadi daring dan menimbulkan berbagai masalah dalam pelaksanaanya. Sebagaimana yang terjadi di SD Negeri 2 Setrokalangan, di mana guru kurang mahir dalam memanfaatkan berbagai platform pembelajaran yang tersedia sehingga hanya memanfaatkan aplikasi WhatsApp saja. Dalam penelitian kali ini, peneliti menggunakan Edmodo untuk pendampingan belajar siswa agar lebih menarik dan efektif, karena dalam aplikasi edmodo fitur yang disediakan lebih lengkap seperti pembuatan bank soal, video conference, ruang kelas, dan masih banyak fitur lainnya yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar. Peneliti juga mengajarkan guru mengoperasikan Edmodo untuk kegiatan belajar mengajar supaya tidak hanya terpaku dengan aplikasi WhatsApp. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan penggunaan Edmodo dalam pembelajaran jarak jauh atau daring di SD Negeri 2 Setrokalangan. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kulalitatif tepatnya studi kasus dengan memanfaatkan Strategic Alignment Model (SAM) literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa merasa senang terhadap pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan Edmodo.

Full Text:

PDF

References


Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa.MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339-346.https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411

Kurniawati, R., & Djunaidi. (2015). Pengembangan Media Blended Learning Berbasis Edmodo di Sekolah Menengah Kejuruan. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, Vol. 3, No. 1, hlm. 16-24

Kurniabudi, & Assegaf, S. (2016). Analisis Perilaku Penerimaan Edmodo pada Perkuliahan dengan Model Utaut. TEKNOSI, Vol.2, No. 3, hlm. 1-10.

Rahadian, D. (2017). Teknologi informasi dan komunikasi (tik) dan kompetensi teknologi pembelajaran untuk pengajaran yang berkualitas. TEKNOLOGI PEMBELAJARAN.

Sun, S. Y. H. (2014). Learner perspectives on fully online language learning. Distance Education.https://doi.org/10.1080/01587919.2014.891428

Trisnawati, Muanifah, M. T., dkk. (2018). Penerapan E-Learning Edmodo Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 5, No. 1, hlm. 509-514




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v2i1.3601

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.