Title:


STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI UKM TERDAMPAK COVID-19 DI KELURAHAN SIDOREJO TEMANGGUNG


Author:


Mail Camila Azhar Ramadhanty(1*)
Mail Deninta Raefanty Nadya(2)
Mail Zumrotul Mustaqimah(3)
Mail Rolisda Yoshinta(4)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(4) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v2i1.3626| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Dunia sedang mengalami pandemi Covid-19 termasuk Indonesia. Himbauan untuk mencegah mata rantai penyebaran virus ini mengharuskan masyarakat untuk berdiam diri di rumah. Hal ini berdampak pada ketidakstabilan ekonomi dan salah satu yang terdampak adalah UKM (Usaha Kecil Menengah). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menganalisis dampak pandemi Covid-19 terhadap eksistensi UKM di Indonesia salah satunya di kelurahan Sidorejo, Temanggung, Jawa Tengah; 2) mengidentifikasi media digital marketing yang digunakan oleh UKM di Kelurahan Sidorejo, Temanggung, Jawa Tengah; dan 3) mengidentifikasi strategi-strategi yang dapat mendongkrak keberhasilan UKM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan langkah eksploratif dengan teknik observasi partisipatif dan wawancara terhadap 10 UKM di Kelurahan Sidorejo, Temanggung. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Covid-19 berdampak pada keberlangsungan UKM di mana rata-rata penjualan UKM mengalami penurunan selama pandemi. Dengan demikian, dibutuhkan strategi yang tepat untuk mempromosikan produk selama pandemi. Pemilihan strategi digital marketing dirasa paling tepat, karena dilakukan melalui media digital secara daring dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Whatsapp, dan lainnya. Pemasaran secara daring juga dilakukan pada e-commerce ­seperti Shopee, Grab, Gojek, Tokopedia, dan media lainnya.

Keywords


Covid-19, UKM, strategi

Full Text:

PDF

References


Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 1(2), 131-136.

Argawan, B., Halim, B., Wijaya, J., Ekaputri, K., Aditia, K. C., Prasetya, N. R., & Yuliati, R. (2019). Pemanfaatan Digital Marketing Channel dalam Upaya Memperluas Pemasaran Produk Jahe Merah Instan Sarongge. Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 1(1), 187-203.

Farida, N., Naryoso, A., & Yuniawan, A. (2017). Model of Relationship Marketing and E-Commerce in Improving Marketing Performance of Batik SMEs. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(1), 20–29.

https://doi.org/10.15294/jdm.v8i1.10408

Fauzi, A., & Harli, E. (2017). Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui CRM dengan Metode RAD. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 1(1), 76-81.

Hamdan, N. (2019). Pengguna Instagram di Indonesia Terbesar ke-4 Dunia. h https://www.tagar.id/pengguna-instagram-di-indonesia-terbesar-ke4-dunia diakses 25 Agustus 2020

Hanum, A. N., & Sinarasri, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi E Commerce dan Pengaruhnya terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus UMKM Di Wilayah Kota Semarang). MAKSIMUM, 8(1).

Hardilawati, W.L. (2020). Strategi Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika Vol. 10, No. 1 Juni 2020.

http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/jae

diakses 15 Agustus 2020.

Hendrawan, A. (2019). Pengaruh marketing digital terhadap kinerja penjualan produk umkm asti gauri di kecamatan bantarsari cilacaP. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 50-61.

IMF (International Monetary Fund). (2020). A Crisis Like No Other, An Uncertain Recovery. https://www.imf.org/en/Publications/WEO/Issues/2020/06/24/WEOUpdateJune2020 diakses pada 22 Agustus 2020

Diakses 18 Agustus 2020.

Karsten, S. (2019). Statistik dan Fakta Media Sosial yang Paling Esensial (dan Mengejutkan) Tahun 2019. https://kelbimedia.com/statistik-dan-fakta-media-sosial-paling-esensial/ diakses 25 Agustus 2020

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (2013). Kominfo: Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker diakses 25 Agustus 2020

Kemp, S. (2017). Digital in Southeast Asia in 2017. https://wearesocial.com/special-reports/digital-southeast-asia-2017 diakses pada 22 Agustus 2020

Listianto, K. F., Fauzi, R. I., Irviani, R., Kasmi, K., & Garaika, G. (2017). Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Mobile pada Industri Konveksi Seragam Drumband Di Pekon Klaten Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. J. TAM (Technol. Accept. Model), 8(2), 146-152.

Nugraheni, A. P., Pramudyastuti, O. L., & Sunaningsih, S. N. (2020). Strategy of Smes in The Covid-19 Pandemic Period. Jurnal Akuntansi & Perpajakan Jayakarta, 2(1), 45-52.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53.

diakses 18 Agustus 2020.

Prayoga, Fadel. (2020). 5 Jenis UMKM yang Paling Terdampak Covid-19. https://economy.okezone.com/read/2020/07/15/320/2246713/5-jenis-umkm-yang-paling-terdampak-covid-19, diakses 22 Agustus 2020

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.

Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional. (2020). Total Pasien COVID-19 yang Sembuh Jadi 105.198 Kasus. https://covid19.go.id/p/berita/total-pasien-covid-19-yang-sembuh-jadi-105198-kasus, diakses 22 Agustus 2020

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamdani, N. B., & Istuningsih, W. (2018). Perancangan Strategi E-Commerce Berbasis Website Untuk Meningkatkan Penjualan (Studi kasus “Songketkito” Kain Khas Palembang). Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 7(1).

Utami, N. W. (2017). 5 Alasan Kenapa Bisnis Membutuhkan Social Media. https://www.jurnal.id/id/blog/2017-5-alasan-kenapa-bisnis-membutuhkan-media-sosial/ diakses 25 Agustus 2020

Wardani, A. S. (2019). 83 Persen Pengguna Internet Indonesia Pakai WhatsApp. https://www.liputan6.com/tekno/read/4113678/83-persen-pengguna-internet-indonesia-pakai-whatsapp diakses 25 Agustus 2020

Widani, N. M., Abiyasa, A. P., & Darma, G. S. (2019). Menguji Ketajaman Implementasi E-Commerce dalam Penjualan Kamar Hotel di Bali. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(2), 79-98.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v2i1.3626

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.