Title:


WORKSHOP PENGOPERASIAN APLIKASI PENUNJANG KBM SECARA DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SDN GIYANTI KEBUMEN


Author:


Mail Damayanti Damayanti(1*)
Mail Indriyani Tri Agustina(2)
Mail Rini Estiyowati Ikaningrum(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v2i1.3631| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Peran guru sangat esensial dalam usaha peningkatan kualitas pembelajaran agar dapat memenuhi hak siswa untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Hal ini seiring dengan perubahan tuntutan zaman. Seperti sekarang ini, adanya pandemi covid-19 mengubah sistem pembelajaran yang dulunya face to face di sekolah menjadi belajar secara daring dari rumah. Guru harus memodifikasi kegiatan pembelajaran dengan melibatkan teknologi penunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ). Melalui workshop pengoperasian aplikasi penunjang kegiatan belajar mengajar secara daring, para guru mendapatkan literasi digital. Metode pelaksanaan berupa pelatihan dan pendampingan kepada para guru SD di Desa Giyanti yang dilakukan di SDN 5 Giyanti, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen. Setelah diadakannya workshop, terjadi peningkatan pengetahuan lebih dari 75% dari peserta workshop. Workshop ini sangat bermanfaat bagi guru dan berdampak bagi siswa sehingga hak mereka terpenuhi untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas walaupun saat ini pembelajaran dilakukan secara daring.

Keywords


aplikasi, daring, pengoperasian, workshop

Full Text:

PDF

References


Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). Retrieved from Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engagement on a Virtual Platform. MedEdPublish, 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.15694/mep.2020.000075.1

Gusman, H. (2020). Retrieved from Periksa Data Bagaimana Covid-19 Mengubah Ekonomi Indonesia & ASEAN?. : https://tirto.id/bagaimana-covid-19-mengubah-ekonomi-indonesia-asean-fWjv, diakses 11 Agustus 2020.

Ismawati, R. (2017). Retrieved from Strategi React dalam Pembelajaran Kimia SMA. : Indonesian Journal of Science and Education, Vol. 1, No. 1, hlm. 1-7. DOI: 10.31002/ijose.v1i1.413

KOMPAS . (2020, March 26). Retrieved from Kompas.id : https://bebas.kompas.id/baca/riset/2020/03/26/suka-duka-belajar-di-rumah/

Nufus, & Achmad , B. (2018). Retrieved from Pendidikan Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan.: Malang: Madani Media. Malang: Madani Media.

Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. (2020). Retrieved from Coronavirus pushes education online.Nature Materials, 20200205.https://doi.org/10.1038/s41563-020-0678-8

Worldometer. (2020). Retrieved from Worldometer: https://www.worldometers.info/coronavirus/




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v2i1.3631

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.