Title:


Penanaman Pola Hidup Sehat pada Anak-Anak Dusun Dowakan dengan Permainan Ular Tangga Bertema Covid-19


Author:


Mail Nur Ardiansyah(1*)
Mail Sri Sarwanti(2)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v2i2.3633| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Permainan ular tangga termasuk permainan tradisional. Selain melestarikan permainan tradisional ini permainan ular tangga ini diadakan dengan tujuan mengedukasi kepada anak-anak dusun Dowakan dan menanamkan pola hidup sehat ditengah pandemic Covid-19. Permainan dilakukan secara langsung oleh anak-anak dusun dowakan dengan memperhatikan protocol Kesehatan sesuai yang dianjurkan oleh pemerintah. Sebelum melakukan permainan anak-anak diberikan handsanitizer dan juga fice shield yang digunakan sebagai gantinya masker. Perlengkapan yang digunakan dalam permaianan berupa pion, dadu dan print out desain ular tangga bertema Covid-19 sebagai papan permainan. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dan Pengambilan data dengan cara observasi dan in-depth interview. Permainan ini dapat membantu anak mengingat bagaimana pola hidup sehat yang dapat dilakukan pada masa pandemic covid-19. Hal ini dibuktikan dari hasil interview antara penulis dengan salah satu diantara anak-anak dusun Dowakan secara langsung tentang hal-hal atau pola hidup sehat yang harus diterapkan pada masa pandemic C0vid-19 ini khusunya. Sehingga permainan ular tangga sangat cocok untuk menanamkan dan mengingat pola hidup sehat pada anak-anak dusun Dowakan dimasa Pandemi Covid-19.

Keywords


permainan tradisional, edukasi, Pola hidup sehat

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2015). Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPS di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77-89.

Anhusadar, L., & Islamiyah, I. (2020). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 463-475.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.

Herdiyanto, Y. K., Tobing, D. H., & Vembriati, N. (2017). Stigma terhadap Orang dengan Gangguan Jiwa di Bali. Inquiry, 8(2), 121-132.

https://corona.jatengprov.go.id

https://covid19.go.id

Parwanto, M. L. E. (2020). Virus Corona (2019-nCoV) penyebab COVID-19. Jurnal Biomedika dan Kesehatan, 3(1), 1-2.

Siagian, T. H. (2020). Mencari Kelompok Berisiko Tinggi Terinfeksi Virus Corona dengan Discourse Network Analysis. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia: JKKI, 9(2), 98-106.

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3), 227-238.

Zukmadini, A. Y., Karyadi, B., & Kasrina, K. (2020). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Pencegahan COVID-19 Kepada Anak-Anak di Panti Asuhan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v2i2.3633

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.