Title:


Bimbingan Belajar Sebagai Upaya untuk Membantu Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Cacaban Rw IX Kota Magelang


Author:


Mail Agus Wahyudi(1*)
Mail Turah Slamet(2)
Mail Riva Ismawati(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v2i2.3950| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Pandemi covid-19 menyebabkan perubahan gaya hidup dan kebiasaan baru pada bidang pendidikan. Pendidikan di masa pandemi covid-19 melaksanakan pembelajaran secara berani sebagai upaya untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19. Dampak pembelajaran yang diterapkan menyebabkan siswa kesulitan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk membantu belajar pada siswa sekolah dasar di masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilaksanakan untuk memenuhi kewajiban dalam program kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik di Desa Cacaban RW IX Kota Magelang. Kegiatan bimbingan yang dilaksanakan berdasarkan studi literatur dengan pendekatan pribadi dengan siswa. Hasil dari bimbingan belajar yang dilaksanakan menunjukkan hasil yang positif.


Full Text:

PDF

References


Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap peran orang tua dan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring anak usia sekolah dasar. Premiere: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11-30.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran No.4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)

Sari, M. K. (2020). Sosialisasi Tentang Pencegahan Covid-19 di Kalangan Siswa Sekolah Dasar di SD Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(1), 80-83.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v2i2.3950

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.