Title:
Peningkatan Pemahaman Guru Tentang Living Values Education Program (Lvep) sebagai Program Penguatan Pendidikan Karakter di SD Negeri Demakijo 1
Author:
Abstract
Pemahaman guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran tematik berbasis karakter masih belum memadai. Keterampilan guru dalam mendidik karakter siswa diperlukan untuk menghadapi tantangan dekadensi moral serta menyiapkan generasi emas Indonesia tahun 2045. Kegiatan Pengabdian Masyarakat bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang Living Values Education Program sebagai salah satu program penguatan pendidikan karakter yang inovatif dan solutif. Kegiatan utama workshop berupa pelatihan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan melalui tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman peserta berupa angket pre-test dan post-test. Partisipasi dan antusiame guru-guru dalam kegiatan sangat baik, kelompok mitra berkontribusi aktif dalam mengikuti workshop tentang konsep Living Values Education Program dalam pembelajaran tematik sebagai program penguatan pendidikan karakter. Kegiatan pengabdian masyarakat diperoleh hasil bahwa pemahaman guru tentang Living Values Education Program sebagai program penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik meningkat. Hal itu dibuktikan dari hasil post-test 100% guru dalam kriteria pemahaman “baik sekali” dengan rerata skor post-test= 89,19.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriani, A. N. (2019). Living Values Education: Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Tematik. Yogyakarta: K-Media.
Apriani, A. (2019). Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) terhadap Penanaman Anti-radikalisme Siswa SD dalam Pembelajaran Tematik. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 10 (2), 116-128. doi:http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2019.10(2).116-128.
Apriani, A. N., Sari, I. P., & Suwandi, I. K. (2017). Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Siswa SD dalam Pembelajaran Tematik. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(2), 102-112.
Sari, I. P., & Apriani, A. N. (2020). Pengembangan SSP Tematik Integratif Berbasis LVEP Untuk Penguatan Karakter Nasionalisme Peserta Didik SD. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(1), 132-140.
Suharsimi, A. (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukitman, T., & Ridwan, M. (2016). Implementasi Pendidikan Nilai (Living Values Education) dalam Pembelajaran IPS (Studi terhadap Pembentukan Karakter Anak di Tingkat Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 3, No.1, hlm. 30-41.
DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v2i2.4146
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Cited By
Refbacks
- There are currently no refbacks.