Title:
Strategi Belajar Mengajar pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri Sukosari
Author:
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran di SD N Sukosari menemui kendala dalam adaptasi teknologi dan pembelajaran pada masa covid-19. Tantangan pembelajaran pada masa pandemi tidak hanya menjadi tantangan guru dalam pelaksanaan pembelajaran, namun siswa dan wali murid. Pembelajaran yang dilakukan selama pembelajaran daring dirasa kurang optimal. Tujuan penelitian ini ialah membantu SD N Sukosari untuk melaksanakan proses belajar mengajar dengan memberikan pelatihan dan pendampingan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Hasil dari pengabdian yang dilakukan berupa peningkatan kemampuan dan keterampilan guru pembelajaran. Peningkatan kemampuan dan keterampilan pada perencanaan pembelajaran, dengan adanya penyesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran dengan pembelajaran daring. Selain itu Bapak/Ibu dapat memilih media pembelajaran, memilih strategi pembelajaran. Pada segi pelaksanaan pembelajaran bapak/Ibu guru dalam mengelola pembelajaran, mampu mengoptimalkan penggunaan teknologi pembelajaran, dan penerapan strategi pembelajaran pada pembelajaran daring.
Full Text:
PDFReferences
Hamalik, Oemar. (1995). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Nastiti, Faulinda Ely.& Aghni RIzqi Ni'matul 'Abdu. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era Society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Volume 5, No 1, April 2020. 61-66.
SE Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 yang diperkuat dengan SE Sesjen Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan BDR selama darurat Covid-19.
Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Rosdakarya: Bandung.
Purwaningtyas, Irine Yulia. (2021). Adaptasi Teknologi Bagi Guru Zaman Now. Laman https://radarkudus.jawapos.com/read/2021/08/17/282930/adaptasi-teknologi-bagi-guru-zaman-now. Diakses pada 3 September 2021.
DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v2i2.4362
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Cited By
Refbacks
- There are currently no refbacks.