Title:


Pendidikan Bela Negara bagi Siswa untuk Mencegah Radikalisme (di Mi Al Iman dan Mi Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang)


Author:


Mail Novitasari Novitasari(1*)
Mail Riva Ismawati(2)
Mail Sukron Mazid(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v2i2.4488| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Madrasah Ibtidaiyah (MI) adalah penyelenggara pendidikan formal jenjang sekolah dasar yang berbasis pada agama Islam. Aksi terror dari kelompok radikalisme yang mengatasnamakan agama Islam membuat penyelenggara pendidikan berbasis agama Islam termasuk MI dikhawatirkan menjadi wadah penyebaran paham intoleran. Oleh karena itu, sudah sepatutnya madin memerlukan pendidikan bela negara bagi siswanya untuk mencegah radikalisme. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melaksanakan pendidikan bela negara di MI Al Iman dan MI Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang. Pendidikan bela negara yang akan dilaksanakan diharapkan mampu mendorong siswa madin untuk memiliki pemikiran dan pemahaman tentang wawasan kebangsaan yang rasional sehingga dapat diterapkan secara keberlanjutan agar menumbuhkan karakter cinta tanah air dan toleran terhadap keberagaman masyarakat Indonesia. Kegiatan pengabidan dilaksanakan melalui tiga tahap. Tahap pertama yaitu dengan ceramah, menonton video, tanya jawab, kuis, dan penarikan kesimpulan. Materi pada pengabdian tahap pertama yaitu aktualisasi nilai-nilai bela negara pada siswa di kedua mitra yang diselenggarakan pada hari yang berbeda. Tahap kedua yaitu penyampaian materi bela negara sebagai salah satu wujud pengamalan sila-sila Pancasila. Pembelajaran dilaksanakan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, kuis, dan penarikan kesimpulan. Tahap ketiga yaitu pendidikan bela negara dilaksanakan melalui evaluasi dan refleksi.

Keywords


madrasah ibtidaiyah; radikalisme; pendidikan bela negara

Full Text:

PDF

References


Adhi, Irawan Sapto. (2020). Apa yang Terjadi pada Otak Pecandu Pornografi. https://health.kompas.com/read/2020/03/25/100100868/apa-yang-terjadi-pada-otak-pecandu-pornografi-?page=all

Baihaqi. (2020). Jateng masih jadi Daerah Zona Merah Penyebaran Radikalisme-Terorisme. https://jatengtoday.com/jateng-masih-jadi-daerah-zona-merah-penyebaran-radikalisme-terorisme-39645

Farasonalia, Riska. (2019). 7 Kepala Sekolah di Jateng Terpapar Radikalisme, Ganjar Tindak Tegas. https://regional.kompas.com/read/2019/09/16/08491381/7-kepala-sekolah-di-jateng-terpapar-radikalisme-ganjar-tindak-tegas?page=all

Indonesia.go.id. (2019). Cara Baru Tangani Radikalisme. https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/sosial/cara-baru-tangani-radikalisme

Lukihardianti, Arie. (2016). 90 Persen Anak SD telah Mengakses Pornografi. https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/07/29/ob26e4359-90-persen-anak-sd-telah-mengakses-pornografi

Maaruf, Zuhdi. (2009). Implementasi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) untuk Pendidikan Sains di Sekolah. Jurnal Gelga Sains, 3(2), 19-28, 2009. https://jgs.ejournal.unri.ac.id/index.php/JGS/article/view/302/296

Santosa, Tomi Apra dan Sisi Yulianti. (2020). Pengaruh Pemberian Kuis terhadap Peningkatan Motivasi Belaajr Biologi Siswa di SMA Negeri 7 Kerinci. Science Education and Apllication Journal (SEAJ) Perogram Studi Pendidikan IPA Universitas Islam Lamongan, 2(2), 79-87, 2020. DOI: https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.283

Setjen Watannas. (2018). Bela Negara: Pengertian, Unsur, Fungsi, Tujuan dan Manfaat Bela Negara. https://www.wantannas.go.id/2018/10/19/bela-negara-pengertian-unsur-fungsi-tujuan-dan-manfaat-bela-negara/

Zamani, Labib. (2018). Jateng Masuk Zona Merah Penyebaran Radikalisme dan Terorisme. https://regional.kompas.com/read/2018/09/10/14251871/jateng-masuk-zona-merah-penyebaran-radikalisme-dan-terorisme




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v2i2.4488

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.