Title:


Pengenalan Computational Thinking dan Aplikasinya dalam Pembelajaran IPA SMP


Author:


Mail Eli Trisnowati(1*)
Mail Eko Juliyanto(2)
Mail Nuryunita Dewantari(3)
Mail Siswanto Siswanto(4)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(4) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v2i2.4514| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Pada era abad 21, proses pembelajaran harus disesuaikan dengan nilai-nilai yang patut untuk dikembangkan di abad 21. Salah satu cara berpikir yang penting adalah berpikir komputasional (computational thinking). Akan tetapi, hasil observasi yang dilakukan oleh tim kepada guru-guru MGMP IPA kota Magelang masih banyak guru yang kesulitan melaksanakan proses pembelajaran yang sesuai dengan prinsip pembelajaran abad 21. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan pada guru IPA SMP dalam penggunaan aplikasi digital scratch, sehingga dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melatihkan computational thinking peserta didik. Kegiatan Pengabdian dilakukan dalam ruang virtual zoom demi kelancaran dan kesehatan seluruh tim dan peserta. Hasil pendampingan, guru dapat membuat simulasi kinematika gerak pada materi IPA SMP dengan menggunakan aplikasi Scratch. Hasil evaluasi peserta pendampingan merasa bahwa materi tentang pembuatan simulasi menggunakan aplikasi Scratch sangat bagus untuk diterapkan di SMP dan kemampuan materi tim cukup baik. Akan tetapi rencana penerapan dalam pembelajaran masih perlu dikaji dengan melihat kemampuan peserta didik di masing-masing sekolah.


Keywords


Aplikasi Scratch, computational thinking, IPA SMP, kinematika gerak, pendampingan

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI, 1–59.

Binkley, M., Erstad, O., Herman, J., Raizen, S., Ripley, M., Miller-Ricci, M., & Rumble, M. (2014). Defining twenty-first century skills. In Assessment and teaching of 21st century skills. Springer. https://doi.org/10.1007/978-94-007-2324-5_2

Buku, M. N. I., Mite, Y., Fauzi, A., Widiansyah, A. T., & Anugerah, D. Y. (2015). Penerapan pembelajaran cooperative script berbasis lesson study sebagai upaya peningkatan keaktifan lisan dan kecakapan sosial mahasiswa SI Pendidikan Biologi matakuliah strategi belajar mengajar. Proceedings of the 2nd Seminar & Workshop Nasional Biologi, IPA, Dan Pembelajarannya FMIPA UM, October, 603–606. https://www.researchgate.net/publication/309357898

Conley, D. T. (2007). Toward a more comprehensive conception of college readiness (Issue March). Educational Policy Improvement Center.

Drew, S. V. (2012). Open up the ceiling on the common core state standards: Preparing s t udents for 21st-century lit eracy-now. Journal of Adolescent and Adult Literacy, 56(4), 321–330. https://doi.org/10.1002/JAAL.00145

Masigno, R. M. (2014). Enhancing Higher Order Thinking Skills in a Marine Biology Class through Problem-Based Learning. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 2(5), 1–6.

McFarlane, D. A. (2013). Understanding the Challenges of Science Education in the 21st Century: New Opportunities for Scientific Literacy. International Letters of Social and Humanistic Sciences, 4, 35–44. https://doi.org/10.18052/www.scipress.com/ilshs.4.35

Trilling, B., Fadel, C., & Bernie Trilling, C. F. (2012). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.

Voskoglou, M. G., & Buckley, S. (2012). Problem Solving and Computational Thinking in a Learning Environment. ArXiv Preprint ArXiv:1212.0750., December 2012. http://arxiv.org/abs/1212.0750

Wilson, K. (2016). Critical reading, critical thinking: Delicate scaffolding in English for Academic Purposes (EAP). Thinking Skills and Creativity, 22, 256–265. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.10.002




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v2i2.4514

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.