Title:


Pendampingan Pengembangan Kampung Wisata Berbasis Masyarakat


Author:


Mail Fadlurrahman Fadlurrahman(1)
Mail R.M. Mahendradi(2)
Mail Novitasari Novitasari(3*)
Mail Seiren Ikhtiara(4)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, 
(4) UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v2i2.4617| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling berkembang dalam perekonomian dunia, dan menjadi faktor penting dalam pembangunan sosial ekonomi suatu wilayah. Dalam bidang pengembangan kepariwisataan, potensi lokal (SDA, SDM, dan dukungan stakeholders) merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kesiapan masyarakat dalam mengembangkan kepariwisataan. Untuk itu penting mendayagunakan potensi lokal berbasis masyarakat. Kegiatan pengabdian ini berlokasi di dua kelurahan, yakni kelurahan panjang dan kemirirejo kecamatan magelang tengah kota magelang. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan empat tahapan, diantaranya sosialisasi, observasi, pendampingan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini yaitu terdapat peningkatan pemahaman dan kesadaran dari masyarakat bahwa pariwisata lokal mampu membantu perekonomian, kemudian telah terjadi pembentukan kelompok-kelompok baru yang terdiri dari pemuda-pemudi sebagai penggerak pariwisata.


Full Text:

PDF

References


CIFOR. 2004. Pembangunan Pariwisata Berbasis Masyarakat. CIFOR, Bogor.

Davey, Kenneth J. 1998. “Pembiayaan Pemerintahan Daerah, Praktek-Praktek Internasional dan Relevansinya Bagi Dunia Kerja”, Jakarta: UI Press.

Ditjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata dan WWF Indonesia. 2009. Prinsip dan Kriteria Ekowisata Berbasis Masyarakat. Jakarta: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata dan WWF Indonesia.

Gunn, C. 1988.Tourism Planning. London: Taylor and Francis LTD

Kozhokulov, S., Xi Chen, D. Yang, G. Issanova, K. Samarkhanov, dan S. Aliyewa. 2019. Assessment of Tourism Impact on the Socio-Economic Spheres of the Issyk-Kul Region (Kyrgyzstan). Sustainability, 11, p.1-18.

Spillane, James J. 1987. “Ekonomi Pariwisata Sejarah dan Prospeknya”, Yogyakarta: Kanisius.

Suansri, P. 2003. Comunity Based TourismHandbook. Bangkok, Thailand: Responsible Ecological Social Tours (REST) Project.

Sunaryo, Bambang. 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.

Suwantoro, Gamal. 2004. “Dasar-Dasar Pariwisata”, Yogyakarta: Andi

Nizamiev, A.G.; Artykbaeva, S.Z.; Kultaeva, A.K. 2015. Development and placement of tourism in Kyrgyzstan: An environmental and economic rationale. Young Sci. 8, 360–364




DOI: https://doi.org/10.31002/abdipraja.v2i2.4617

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.