Title:


Blended Workshop Hypercontent Media Pembelajaran Matematika bagi MGMP Matematika MA Blora


Author:


Mail Orcid Agnita Siska Pramasdyahsari(1*)
Mail Rina Dwi Setyawati(2)
Mail Dhian Endahwuri(3)
Mail Ali Shodiqin(4)
Mail Ukima Nusuki(5)
Mail Sindi Nur Aini(6)
Mail Siti Indahsari(7)
Mail Harya Giri Kusuma(8)

(1) Universitas PGRI Semarang, Indonesia
(2) Universitas PGRI Semarang, Indonesia
(3) Universitas PGRI Semarang, Indonesia
(4) Universitas PGRI Semarang, Indonesia
(5) Universitas PGRI Semarang, Indonesia
(6) Universitas PGRI Semarang, Indonesia
(7) Universitas PGRI Semarang, Indonesia
(8) Universitas PGRI Semarang, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v3i2.6421| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Kegiatan blended workshop hypercontent media pembelajaran matematika bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan media yang dapat digunakan dalam pembelajaran online, offline, maupun blended. Metode yang digunakan adalah metode ceramah diskusi, ceramah praktikum dan workshop. Kegiatan ini diikuti oleh guru matematika yang tergabung dalam MGMP Madrasah Aliyah Kabupaten Blora. Adapun instrumen yang dugunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan keterserapan pelatihan adalah angket yang diisi setelah mengikuti program pelatihan. Tingkat keberhasilan dan keterserapan pelatihan diukur dalam indikator sebagai berikut: (1) materi yang disampaikan dalam workshop PkM Hypercontent Media Pembelajaran Matematika dapat membantu peserta untuk merancang modul pembelajaran berbasis online maupun offline, 71.4% responden sangat setuju dan 28.6% setuju; (2) melalui workshop peserta memperoleh gambaran yang konkret tahapan merancang Hypermedia pembelajaran matematika berbasis Canva, 57.1% responden sangat setuju dan 42.9% setuju; (3) Pengetahuan/keterampilan yang peserta peroleh dari workshop dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran di kelas, 85.7% responden setuju dan 14.3% responden sangat setuju; (4) Pelaksanaan workshop PkM Hypercontent Media Pembelajaran Matematika secara blended (online-offline) cukup efektif, 71.4% responden sangat setuju dan 28.6% setuju. Peserta pelatihan secara mandiri dapat membuat Hypercontent Media bahan ajar digital yang bersifat open source yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja baik oleh guru maupun peserta didik.

 


Keywords


Kata Kunci: Blended workshop; Hypercontent media; Media pembelajaran matematika; Canva.

Full Text:

PDF

References


Doering, A., Veletsianos, G., Scharber, C., & Miller, C. (2009). Using the Technological, Pedagogical, and Content Knowledge Framework to Design Online Learning Environments and Professional Development. Journal of Educational Computing Research, 41(3), 319–346.

Hughes, J. (2005). The role of teacher knowledge and learning experiences in forming technologyintegrated pedagogy. Journal of Technology and Teacher Education, 13(2): 277–302.

Mishra, P. & Koehler, M.J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teacher Colleges, 108(6): 1017-1054.

Prawiradilaga, D. S., Widyaningrum, R., Ariani, D. (2017). Prinsip-Prinsip Dasar Pengembangan Modul Berpendekatan Hypercontent Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies IJCETS 5 (2) (2017): 57-65.

Rafi, I dan Sabrin, N. 2019. Pengintegrasian TPACK dalam Pembelajaran Transformasi Geometri SMA untuk Mengembangkan Profesionalitas Guru Matematika. Supremum Journal of Mathematics Education.

Simonson, M., Smaldino, S., Albright, M., & Zvacek, S. (2005). Teaching at a Distance: Foundations of Distance Education. 3rd Edition. Upper Saddle River, NJ: Pearson

Shulman, L.S. (1986). Those who understand: Knowledge growth in teaching. Educational Researcher, 15(2): 4-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v3i2.6421

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.