Title:


Peningkatan Kompetensi Guru Matematika MTs di Magelang Melalui Pelatihan dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas


Author:


Mail Yesi Franita(1*)
Mail Zuida Ratih Hendrastuti(2)
Mail Syita Fatih 'Adna(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v4i1.6679| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi adanya permasalahan mitra, yaitu kurangnya pemahaman dan kompetensi guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Program kemitraan masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi guru dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menulis hasil penelitian dalam bentuk laporan PTK atau artikel ilmiah, melalui pelatihan dan pendampingan PTK. Pelatihan dilaksanakan dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, praktik penyusunan PTK, dan pendampingan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pemahaman peserta terkait PTK berupa soal pretest dan posttest. Luaran yang dicapai dalam program kemitraan masyarakat ini adalah peningkatan kompetensi dan keterampilan guru-guru Matematika MTs di Magelang dalam menyusun PTK yang terwujud dalam keterampilan merencanakan, menyusun, dan melaporkan penelitian tindakan kelas dalam suatu karya ilmiah PTK, serta terdapat peningkatan pemahaman peserta terkait PTK yang ditandai dengan peningkatan rata-rata hasil posttest dari rata-rata hasil pretest, yaitu dari 48,26 meningkat menjadi sebesar 73,48.  Selain itu, dihasilkan juga handout pelatihan PTK, proposal atau artikel PTK, dan publikasi hasil pengabdian pada media massa dalam bentuk elektronik, serta dihasilkannya poster pengabdian.

Keywords


pelatihan; pendampingan; Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2009). Peraturan Permennegpan dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta.

Samhati, S. (2013). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Para Guru SMA Tanggamus. Artikel. Lampung.

Somatanya. (2017). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Peningkatan Karier Guru-Guru Sekolah Dasar Kota Tasikmalaya. Jurnal Siliwangi, Vol.1, No. 3, diakses tanggal 29 November 2021.

Widayati dan Haffis. (2012). 29 Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Elhaf Publishing.

Yigit, C. (2017). Teachers’ Opinions Regarding the Usage of Action Research in Professional Development. Journal of Education and Training Studies, Vol. 2, No.1, hlm. 243-252. Diakses dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1133840.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v4i1.6679

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.