Title:


Anak Sekolah Sadar Penyalahgunaan Zat Aditif Terlarang dalam Bahan Pangan sebagai Upaya Menjaga Kesehatan Tubuh


Author:


Mail Google Scholar Riva Ismawati(1*)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v4i1.6702| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Penyalahgunaan zat aditif terlarang dalam bahan pangan dapat menyebabkan resiko kesehatan dan keracunan makanan anak sekolah. Sayangnya, siswa belum memahami penyalahgunaan zat aditif terlarang dalam bahan pangan dan bersikap tidak peduli. Disamping itu, siswa juga belum mampu melakukan uji kualitatif zat aditif dalam bahan pangan. Pengetahuan dan keterampilan uji zat aditif diperlukan siswa untuk dapat memilih jajanan sehat sebagai upaya menjaga kesehatan tubuh. Mitra yang dipilih tim pengusul yaitu SMP Negeri 2 Magelang dan di SMP Negeri 13 magelang. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan diskusi, studi kasus, dan praktik. Evaluasi dilakukan secara kontinyu digunakan untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan program. Alternatif pemecahan masalah mitra yang diusulkan oleh tim pengusul yaitu (a) melakukan edukasi zat aditif yang diijinkan dan dilarang dalam bahan pangan; (b) studi kasus penyalahgunaan zat aditif terlarang dalam bahan pangan; (c) praktik uji kualitatif zat aditif dalam bahan pangan. Hasil yang dicapai yaitu peserta mampu mengidentifikasi zat aditif, menjelaskan penyalahgunaan zat aditif terlarang dalam bahan pangan. Peserta juga terampil menguji formalin dan nitrit dalam bahan pangan secara kualitatif.Ketik abstrak Indonesia dan Inggris.


Keywords


bahan pangan, penyalahgunaan, zat aditif.

Full Text:

PDF

References


Aditive, S. L. P. A. (2015). Pengaruh Waktu dan Konsentrasi Penambahan Zat Aditif menggunakan Daun Suji (Pleomele Angustifolia) terhadap Karakteristik Beras Analog yang Diperkaya dengan Protein Ikan Tuna. Jurnal Teknik Pertanian LampungVol, 4(3), 177-184.

Budianto, A. (2018). Formalin Dalam Kajian Undang-Undang Kesehatan; Undang-Undang Pangan Dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Formalin In Health, Food And Consumer Protection Laws Studies. Jurnal Legislasi Indonesia, 8(1), 151-172.

Chikmah, A. M., & Maulida, I. (2019). Identifikasi Bahan Tambahan Pangan yang Berbahaya (Rhodamin B dan Borak) pada Jajanan di Lingkungan Jl. Kartini Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Parapemikir: Jurnal Ilmiah Farmasi, 8(2), 1-4.

Damat, D., Tain, A., Siskawardani, D. D., & Winarsih, S. (2020). Edukasi Pedagang Pangan Jajanan Anak Sekolah di Kabupaten Malang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(5), 785-796.

Defayanti, S., Nasution, E., & Aritonang, E. Y. (2017). Analisis Kandungan Nitrit Pada Sosis Bermerek Dan Tidak Bermerek Di Kota Medan 2016. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Emilia, I., Setiawan, A. A., Putri, Y. P., Marmaini, M., Rosanti, D., Warsari, D., ... & Haziza, N. (2020). Pengenalan Zat Aditif Pada Makanan Dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Di Sma Negeri I Belimbing Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(2), 65-68.

Fessenden, R. J., & Fessenden, J. S. (1992). kimia Organik, Jilid 2, Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Hambali, M., & Noermansyah, F. (2015). Ekstraksi antosianin dari ubi jalar dengan variasi konsentrasi solven, dan lama waktu ekstraksi. Jurnal Teknik Kimia, 20(2).

Kholifah, S., & Utomo, D. (2018). Uji Boraks dan Formalin pada Jajanan Disekitar Universitas Yudharta Pasuruan. Teknologi Pangan: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, 9(1), 10-19.

Kumalasari, E. (2017). identifikasi dan penetapan kadar rhodamin b dalam kerupuk berwarna merah yang beredar di pasar antasari Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Manuntung, 1(1), 85-89.

Longdong, G. (2017). Analisis Zat Pewarna Rhodamin B pada Saos Bakso Tusuk yang Beredar di Sekitar Kampus Universitas Sam Ratulangi Manado. PHARMACON, 6(4).

Moulana, R., Juanda, J., Rohaya, S., & Rosika, R. (2012). Efektivitas Penggunaan Jenis Pelarut dan Asam dalam Proses Ekstraksi Pigmen Antosianin Kelopak Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L). Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia, 4(3).

Nasution, A. S. N. A. S., & Ervina, A. E. S. S. A. (2019). Use Anthocyanin Extract from Dragon Fruit Peel to Identification Formalin in Tofu With Simple Methods: Pemanfaatan Ekstrak Antosianin Dari Kulit Buah Naga Untuk Identifikasi Formalin Pada Tahu Dengan Simple Methods. Jurnal Gizi KH, 1(2), 5-5.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 033 Tahun 2012 Tentang Bahan Tambahan Pangan

Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2013 Tentang Batas Maksimum Penggunaan Bahan Tambahan Pangan Pengawet

POM, B. (2017). Badan Pengawas Obat dan Makanan. Laporan Tahunan.

Puspadewi, R. H., & Briawan, D. (2014). Persepsi tentang pangan sehat, alasan pemilihan pangan dan kebiasaan makan sehat pada mahasiswa. Jurnal Gizi dan Pangan, 9(3).

Rasyid, R., Anita, Y., & Krisyanella, K. (2016). Analisa Protein dan Zat Pengawet (Nitrat dan Nitrit) Dalam Sosis Daging Sapi Siap Saji. Jurnal Farmasi Higea, 2(2), 89-94.

Yalumini, N. (2014). Analisis Kadar Nitrit pada Sosis Sapi di Pasar Modern Kota Gorontalo. Skripsi, 1(811409127).

Widyaningrum, D. A., Prasmala, E. R., & Qomariyah, I. N. (2020). Pengenalan Zat Aditif Pada Makanan Di SDN Purwosari 3. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(1), 131-138.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v4i1.6702

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.