Title:


Pelatihan Ragam Bahasa Ilmiah kepada Guru MGMP Bahasa Indonesia SMP di Kota Magelang


Author:


Mail Irsyadi Shalima(1*)

(1) Universitas Tidar, 
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v4i1.6720| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Guru-guru mata pelajaran Bahasa Indonesia masih banyak yang terkendala dengan kemampuan berbahasa ragam ilmiah, khususnya dalam penulisan karya ilmiah. Kendala tersebut beragam, seperti penguasaan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) yang belum memadai, kemampuan mengolah kata yang masih terbatas, dan penguasaan logika dalam penulisan karya ilmiah. Aspek logika berbahasa seringkali tidak dihiraukan dalam penulisan karya ilmiah sehingga banyak guru yang melakukan kesalahan-kesalahan berbahasa dalam bentuk sesat pikir (fallacia) yang mengakibatkan kalimat-kalimat yang ditulis menjadi tidak logis.

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan untuk menyelesaikan permasalahan terkait kurangnya penguasaan penulisan karya ilmiah oleh guru-guru tersebut. Karya ilmiah merupakan wacana yang mengutamakan logika ilmiah dalam penyajiannya sehingga dapat mengurangi kualitas penelitian yang telah dilakukan jika penyajiannya tidak memperhatikan kaidah-kaidah logika berbahasa. Dengan demikian, permasalahan utama yang menjadi pokok dalam kegiatan pengabdian ini adalah cara meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah guru-guru MGMP Bahasa Indonesia SMP di Kota Magelang.

Pelatihan dilaksanakan secara berkala sehingga guru dapat memahami dan menerapkan pengetahuan yang diberikan selama pelatihan. Guru akan diminta membuat karangan sederhana, lalu dicermati kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam karangan tersebut. Adapun perhatian dalam penulisan karya ilmiah terdapat pada tataran kalimat, paragraf, dan wacana sehingga dalam pelatihan ini guru juga diminta menulis karangan.


Keywords


guru, karya ilmiah, MGMP

Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Puspa Swara

Sinsuw, Alicia A.E.; Sambul, Alwin M. 2017. Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Guru-guru SMP. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 105-110, nov. 2017. ISSN 2685-368X. Available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/elekdankom/article/view/18070.

Yuliansah, Y. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint Berbasis Animasi Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar. EFISIENSI - KAJIAN ILMU ADMINISTRASI, 15(2), 24-32. doi:https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24491




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v4i1.6720

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.