Title:
Pendampingan Belajar Anak Berbasis Living Values Education Program Melalui Smart Kids Bimbel di Kentolan Lor Guwosari Pajangan
Author:
Abstract
Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan sebuah pendidikan. Tidak hanya menempuh pendidikan secara formal saja, akan tetapi pendidikan secara non-formal juga bisa menjadi opsi yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu pendidikan non-formal yang dapat diikuti anak anak adalah bimbingan belajar diluar jam belajar sekolah (Bimbel). Bimbingan belajar menjadi upaya yang dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi permasalahan pendidikan pada anak. Ada banyak lembaga bimbingan belajar yang sudah tersebar luas saat ini. Namun, tidak semua anak dapat mengikuti bimbingan belajar tersebut. Hal tersebut terjadi pada beberapa anak di Dusun Kentolan Lor Kecamatan Pajangan yang yang tidak mengikuti bimbingan belajar karena biaya bimbel yang mahal dan letak bimbel yang berada di pusat perkotaan. Berdasarkan fakta tersebut, mahasiswa prodi PGSD yang mengikuti program kerja KKN Tematik Matching Fund Universitas Alma Ata melaksanakan kegiatan pendampingan belajar melalui Smart Kids Bimbel di Dusun Kentolan Lor Kecamatan Pajangan. Kegiatan bimbel dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Living Values Education Program (LVEP). Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan prestasi akademik, motivasi belajar anak, dan menanamkan karakter anak melalui aktivitas moral yang menyenangkan mencakup dua belas nilai universal melalui program LVEP. Kegiatan pendampingan belajar Smart Kids Bimbel berlangsung selama dua bulan pada bulan Oktober hingga Desember tahun 2022, dengan jadwal pelaksanaan setiap hari minggu pukul 15.00. Kegiatan yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali ini mencakup kegiatan pendampingan belajar, belajar bersama, bermain permainan tradisional, bernyanyi, bermain kuis, serta pembentukan karakter melalui penerapan model pembelajaran Living Values Education.
Kata kunci :Belajar, Living Values Education Program (LVEP), Smart Kids Bimbel
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriani, A. (2019). Living Values Education: Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Tematik. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Apriani, A. N., Sari, I. P., & Suwandi, I. K. (2017). Pengaruh living values education program (lvep) terhadap penanaman karakter nasionalisme siswa sd dalam pembelajaran tematik. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(2), 102-112.
Apriani, A. N. (2019). Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) terhadap Penanaman Anti-radikalisme Siswa SD dalam Pembelajaran Tematik. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 10(2), 116-128.
Rosaria, D., Novika, H. (2017). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam RT. 31 Handil Bhakti. Jurnal Al-Ikhlas. ISSN: 2461-0992, Vol. 27, No,01. (1-8)
Santoso, A., Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan Belajar Siswa di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2 (2), 37-28. Diakses pada tanggal 10 Januari 2023.
Sari, I. P., & Apriani, A. N. (2020). Pengembangan SSP Tematik Integratif Berbasis LVEP Untuk Penguatan Karakter Nasionalisme Peserta Didik SD. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(1), 132-140.
Tillman, D., & Hsu, D. (2004). Living Values Activities For Children Ages 8-11. (A. Respati, Penerj.) New York: An Educational Program.
DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v4i1.7299
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Cited By
Refbacks
- There are currently no refbacks.