Title:


Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Guru Mgmp Bahasa Indonesia SMP Kota Magelang


Author:


Mail Fifit Firmadani(1*)
Mail Muhammad Daniel Fahmi(2)
Mail Imam Baihaqi(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v3i2.7375| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah ia harus memiliki kompetensi professional yang dapat diwujudkan dengan mengembangkan dirinya dalam suatu penelitian. Penelitian ini nantinya dapat bermanfaat bagi khalayak ketika dituangkan sebagai sebuah artikel yang dipublikasikan ke dalam jurnal ilmiah. Permasalahan riil yang terjadi mayoritas para guru belum mempunyai pengetahuan dan pemahaman mengenai penulisan artikel ilmiah dan bagaimana cara untuk mempublikasikannya di jurnal ilmiah nasional terakreditasi. Tim pengabdian masyarakat Universitas Tidar berupaya untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut melalui pelatihan penulisan artikel ilmiah dan publikasinya di jurnal ilmiah nasional terakreditasi agar dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan para guru MGMP Bahasa Indonesia SMP kota Magelang yang merupakan subyek dari kegiatan pelatihan. Metode pelaksanaan pengabdian melalui pelatihan dan workshop. Pelaksanaan pengabdian terdiri dari kegiatan pengenalan jurnal, pengenalan dan konsep dasar membuat artikel ilmiah, mencari jurnal dengan FGD, dan membuat artikel. Pelaksanaan pengabdian berjalan dengan lancar. Tujuan dari kegiatan dapat tercapai yaitu 1) guru memperoleh pengetahuan baru terkait penulisan artikel ilmiah khususnya dalam menemukan ide dan apa yang perlu tercantum dalam sebuah artikel ilmiah; 2) guru dapat mengakses jurnal nasional terakreditasi dan cara mempublikasikan artikel di jurnal tersebut.

Full Text:

PDF

References


Jana, P. (2017). Pembinaan Olimpiade Matematika Kelas VA CI SD Negeri Ungaran I Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 2(2), 125–128.

Laba Jayanta, I. N., Rati, N. ., Diputra, K. S., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru Sd. Jurnal Widya Laksana, 6(1), 1–7.

Mediatati, N., & Ismanto, B. (2015). Peningkatan Kompetensi Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas Melalui Model Pelatihan Partisipatif dengan Pendampingan Intensif Bagi Guru Guru Di SMP Negeri 2 Ampel Kabupaten Boyolali. In Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta (pp. 1–8). Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Simanjuntak, E., Manullang, S., & Sinaga, M. S. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) dengan Melakukan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(November 2016), 383– 386.

Sunendiari, S., Yanti, T. S., Iswani, A., & Suliadi. (2014). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru SMA Di Wilayah Bandung dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru. In Prosiding SNaPP2014 Sains, Teknologi, dan Kesehatan (pp. 7– 14). Bandung: Universitas Islam Bandung.

Susanti, E., & Hartanto, D. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 14(1), 151–174.

Wiganda, S. (2014). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru Se-Jakarta Timur. Jurnal Sarwahita, 11 No. 1(1), 1–7.

Wijayanti, S. H., Ariani, Y. D., & Triwarmiyati, M. (2016). Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Cisauk Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Kaji Tindak: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 55–62.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v3i2.7375

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.