Title:


Pendampingan Program Anates untuk Menganalisis Butir Soal Bagi MGMP Bahasa Inggris SMP di Kota Magelang


Author:


Mail Widya Ratna Kusumaningrum(1)
Mail Google Scholar Rolisda Yosintha(2*)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v3i2.7377| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Tes merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Untuk memastikan bahwa tes yang diberikan kepada siswa benar-benar mampu mengukur kompetensi yang seharusnya, setiap butir soal harus diuji terlebih dahulu validitasnya. Namun demikian, tidak semua guru memiliki cukup waktu dan tenaga untuk melakukan uji validitas ini. Untuk mengatasi permasalahan ini, tim pengabdian berinisiatif untuk mengadakan pelatihan penggunaan Anates untuk membantu guru dalam menganalisis butir soal. Pelatihan ini dilaksanakan secara daring melalui rangkaian kegiatan yang meliputi observasi lapangan untuk mengidentifikasi permasalahan, persiapan dan sosialisasi kegiatan, dan pelaksanaan kegiatan inti. Materi pelatihan disampaikan dengan metode ceramah, diskusi, penugasan, projek, dan demonstrasi. Subjek dari kegiatan pengabdian ini adalah 40 guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris di Kota Magelang, Jawa Tengah. Setelah mengikuti pelatihan ini selama 8 kali pertemuan, para guru menilai penggunaan program Anates ini cukup efektif dalam membantu menganalisis butir soal.

Keywords


analisis, anates, butir soal, penilaian

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Bachman, L.F. (2004). Statistical Analyses for Language Assessment Book. Cambridge: Cambridge University Press.

Brown, H.D. & Abeywickrama, P. (2010). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. London: Pearson Education.

Brown, G.T.L., & Hirschfeld, G.H.F. (2008). Students’ conceptions of assessment: Links to outcomes. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 15(1), 3-7. DOI: https://doi.org/10.1080/0969594070 1876003.

Djaali & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.

Fulcher, G. & Davidson, F. (2007). Language Testing and Assessment (An advanced resource book). New York: Routledge.

Harris, D.P. (1969). Testing English as a Second Language. New York: McGraw-Hill.

Nimehchisalem, V. & Mat Hussin, N.I.S. (2018). Postgraduate students’ conception of language assessment. Language Testing in Asia, 8(11), 1- 14. DOI: https://doi.org/10.1186/s40468-018- 0066-3.

Osterlind, S.J. (2014). Constructing Test Items: Multiple-Choice, Constructed-Response, Performance and Other Formats. Heidelberg: Springer Netherlands.

Raquel, M. & Aryadoust, V. (2019). Quantitative Data Analysis for Language Assessment Volume I: Fundamental Techniques. New York: Taylor & Francis.

Uno, H. B. & Koni, S., (2012). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumiaksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v3i2.7377

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.