Title:


PENGEMBANGAN PRODUKTIVITAS UMKM DESA NGARGOGONDO MELALUI PELATIHAN DIVERSIFIKASI PRODUK


Author:


Mail Google Scholar Fitrah Sari Islami(1*)
Mail Google Scholar Andhatu Achsa(2)
Mail Ulfa Rahma Pramudianti(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v4i2.7885| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pelaku usaha di Desa Ngargogondo dengan upaya peningkatkan daya saing produk dalam konsep diversifikasi, inovasi, dan pemasaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, dan tutorial. Kegiatan ini dimulai dengan memberikan informasi awal mengenai pentingnya inovasi dan diversifikasi produk dalam meningkatkan daya saing. Pelatihan diversifikasi produk dimulai dengan memberikan tutorial pembuatan produk slondok, singkong serta budidaya jamur. Jenis makanan variasi baru yang dapat dikembangan yaitu slondok berbagai rasa, kripik getuk dan budidaya jamur tiram. Dalam pelatihan ini, peserta diberi kesempatan untuk mencoba membuat kreasi masakan tersebut. Selain pelatihan produk, diskusi terkait cara jitu kegiatan pemasaran juga diberikan kepada peserta. Lebih lanjut, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bekal untuk melakukan variasi diversifikasi produk secara cepat dan dapat menambah daya tarik pasar, sehingga produktivitas meningkat, pangsa pasar meluas, dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pelaku usaha di Desa Ngargogondo.

 


Keywords


diversifikasi produk, UMKM, produktivitas usaha

Full Text:

PDF

References


Efridiyanti, M., & Cerya, E. (2021). Faktor-Faktor Penentu Produktivitas UMKM Songket. Jurnal Ecogen, 4(3), 389. https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i3.11447

Hudiyono, R. F., & Safitri, D. (2022). Analisis Program Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Oleh Pt Lima Pondasi Bersama. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan (JABT), 4(2), 83–91. https://scholarhub.ui.ac.id/jabt

Purnamasari, V., Yusida, E., Annisa Qurrata, V., Seprillina, L., & Shandy Narmaditya, B. (2021). Diversifikasi Produk sebagai Solusi Peningkatan Produksi UMKM Gula Semut pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karinov, 5(1), 9–13. http://doi.org.10.17977/um045v5i1p009

Sakur. (2011). Kajian Faktor-Faktor yang Mendukung Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah: Studi Kasus di Kota Surakarta. Spirit Publik, 7(2), 85–110.

Sulistyowati, E., & Lestari, N. S. (2016). Faktor-Faktor Penentuan Keberhasilan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota Yogyakarta. Jurnal MAKSIPRENEUR, VI(1), 24–36.

Tambunan, T., Santoso, W., Busneti, I., & Batunanggar, S. (2021). The Development of MSMEs and the Growth of Peer-to-Peer (P2P) Lending in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Www.Ijicc.Net, 15(2), 2021. www.ijicc.net

Wusqo, A. U., Fridayanti, B. E., & Aisyah, S. (2023). Pengembangan dan Pendampingan UMKM Dompet Kulit Melalui Digitalisasi Marketing Berbasis Marketplace Shopee Untuk Menunjang Pemasaran dan Peningkatan Penjualan. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9482




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v4i2.7885

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.