Title:


SOSIALISASI DIGITAL MARKETING UNTUK HASIL PERTANIAN BAGI MASYARAKAT DESA GIRIREJO


Author:


Mail Virda Dwi Aprilia(1)
Mail Galuh Witantri(2)
Mail Tri Hartini(3*)
Mail Laili Khoirul Nisa(4)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(4) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v4i2.7981| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Program Pemberdayaan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK ORMAWA) ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan menumbuhkan kepedulian mahsiswa dalam implementasi bela negara dan menumbuhkan cinta tanah air. Permasalahan yang dihadapi sektor pertanian Desa Girirejo adalah metode pemasaran yang belum terdigitalisasi. Selain itu, posisi harga tawar produk pertanian di Desa Girirejo sangat rendah, hal ini dikarenakan sebagian besar petani sudah berusia lansia serta hanya berpendidikan SD dan SMP. Kelembagaan sanggar tani muda melaksanakan program yang dapat membantu petani Desa Girirejo dalam pemanfaatan digital marketing. Digital marketing dapat membantu para petani dalam menjangkau pasar yang lebih luas sehingga dapat menciptakan peluang penjualan serta produk pertanian dapat dengan mudah dikenal masyarakat di berbagai wilayah serta dianggap lebih lebih murah, efektif, dan memiliki beberapa kelebihan lain seperti kecepatan penyebaran informasi hingga dapat membangun nama brand. Pelaksanaan Program Pemberdayaan Kapasitas Organisasi Mahasiswa dilakukan dengan metode sosialisasi dan edukasi serta forum group discussion. Program ini berusaha mengatasi permasalahan pemasaran hasil pertanian yang belum terdigitalisasi. Pembekalan dan pemahaman yang benar akan membantu para petani dalam menerapkan digital marketing yang baik.


Keywords


Digital Marketing, Sanggar Tani Muda, Socialization, Technology

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v4i2.7981

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.