Title:
SOSIALISASI DIGITAL MARKETING UNTUK HASIL PERTANIAN BAGI MASYARAKAT DESA GIRIREJO
Author:
Abstract
Program Pemberdayaan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK ORMAWA) ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan menumbuhkan kepedulian mahsiswa dalam implementasi bela negara dan menumbuhkan cinta tanah air. Permasalahan yang dihadapi sektor pertanian Desa Girirejo adalah metode pemasaran yang belum terdigitalisasi. Selain itu, posisi harga tawar produk pertanian di Desa Girirejo sangat rendah, hal ini dikarenakan sebagian besar petani sudah berusia lansia serta hanya berpendidikan SD dan SMP. Kelembagaan sanggar tani muda melaksanakan program yang dapat membantu petani Desa Girirejo dalam pemanfaatan digital marketing. Digital marketing dapat membantu para petani dalam menjangkau pasar yang lebih luas sehingga dapat menciptakan peluang penjualan serta produk pertanian dapat dengan mudah dikenal masyarakat di berbagai wilayah serta dianggap lebih lebih murah, efektif, dan memiliki beberapa kelebihan lain seperti kecepatan penyebaran informasi hingga dapat membangun nama brand. Pelaksanaan Program Pemberdayaan Kapasitas Organisasi Mahasiswa dilakukan dengan metode sosialisasi dan edukasi serta forum group discussion. Program ini berusaha mengatasi permasalahan pemasaran hasil pertanian yang belum terdigitalisasi. Pembekalan dan pemahaman yang benar akan membantu para petani dalam menerapkan digital marketing yang baik.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v4i2.7981
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Cited By
Refbacks
- There are currently no refbacks.