Title:


PENERAPAN PENGGUNAAN POP-UP BOOK BUDAYA NUSANTARA UNTUK MENINGKATKAN MINAT LITERASI ANAK DI RUMAH BACA MC. GANZ NGEMBIK


Author:


Mail Nidham Khaerizakia(1*)
Mail Dedek Arya Pangestu(2)
Mail Ij'al Li Lisana Shidqi(3)
Mail Khofifatul Munawarroh(4)
Mail Wahyu Karunia(5)
Mail Novitasari Novitasari(6)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(4) Universitas Tidar, Indonesia
(5) Universitas Tidar, Indonesia
(6) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v4i2.8022| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Rumah baca dapat dijadikan sarana yang dapat digunakan dalam proses menumbuhkan budaya literasi anak apabila bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Akan tetapi, terjadi penururnan minat baca yang cukup drastis di Rumah Baca Mc. Ganz yang berakibat pada menurunnya tingkat kunjungan anak sejak pandemi hingga 2023. Hal tersebut disebabkan oleh model literasi yang monoton, kurangnya kreativitas dari tentor, dan kurangnya sarana prasarana sehingga anak cepat bosan yang berakibat menurunnya tingkat kunjungan Rumah Baca Mc. Ganz. Solusi yang direncanakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pelatihan dan pendampingan pembuatan dan penggunaan media literasi pop-up book untuk pengurus rumah baca. Hasil kegiatan ini adalah  kreativitas pengurus rumah baca dalam membuat media literasi Pop-Up Book meningkat. Adanya Pop-Up Book tingkat kunjungan dan minat literasi anak-anak rumah baca juga mengalami peningkatan. Tidak hanya sebatas membaca, teteapi juga ketampilan mengingat, memahami dan berkolaborasi anak-anak juga meningkat

Full Text:

PDF

References


Maulani, A., Tegeh, I. M., & Antara, P. A. 2020. Korelasi Antara Tingkat Minat Baca dengan Kompetensi Pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 4 (2): 215-223.

Prayogi, R. D., & Estetika, R. 2019. Kecakapan Abad 21 : Kompetensi Pendidikan Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14 (2):144-151.

Siregar, A., & Rahma, E. (2016). Model Pop-Up Book Keluarga Untuk Mempercepat Kemampuan Membaca Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 5(1):10-21.

Tachyudin, M., Cahyono, H., & Utami, P. S. 2020. Penguatan Civic Literasi Dalam Membentuk Wawasan Kebangsaan. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 4(2):31-39.




DOI: https://doi.org/10.31002/abdipraja.v4i2.8022

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.