Title:


ANALISIS PENILAIAN KINERJA GREEN BUILDING PADA PROYEK REHABILITASI BANGUNAN PASAR PRAWIROTAMAN KOTA YOGYAKARTA


Author:


Mail Faqi Fesyaputri Arndarnijariah(1*)

(1) Yogyakarta University of Technology, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/rice.v5i1.3587| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Laju pertumbuhan penduduk di Indonesia meningkat setiap tahunnya menyebabkan perkembangan pembangunan juga berkembang dengan sangat pesat dan cepat. Perkembangan ini tentunya berdampak pada lingkungan, oleh karena itu perlu diterapkan konsep Green Building untuk menjaga keselamatan lingkungan. Konsep Green Building yang belum dikenal luas di Indonesia akan menimbulkan kesulitan dalam penerapannya. Penelitian ini meninjau proyek Rehabilitasi Bangunan Pasar Prawirotaman Kota Yogyakarta yang merupakan salah satu proyek yang menerapkan konsep Green Building menurut Surat Edaran Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor:  86/SE/DC/2016 untuk melihat aspek penilaian kinerja yang terpenting sehingga instansi yang akan memulai penerapan konsep Green Building dapat mengoptimalkan aspek-aspek tersebut dahulu. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara analisis statistik data kuesioner dengan bantuan software SPSS dalam pengolahan datanya dan metode AHP pada sistem perankingan aspek. Analisis statistik juga diilakukan pada data poin penilaian kinerja untuk mendapatkan besar persentase sertifikasinya. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan untuk aspek terpenting didapatkan aspek Rantai Pasok Hijau – dalam proses konstruksi menggunakan material yang ramah lingkungan dengan nilai sebesar 92,763. Pada tahap perencanaan persentase sertifikasi sebesar 74,25% dan 45% pada tahap pelaksanaan konstruksi

Keywords


Green Building, Penilaian Kinerja, Aspek Penilaian Kinerja, Persentase Sertifikasi

Full Text:

PDF

References


Asawidya, M., Yuronia, E.P, Christiono, U. (2011). Analisis Kriteria Penerapan Green Construction Pada Proyek Konstruksi di Surabaya. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Bauer, M., Mosle, P., Michael, S. (2010). Green Building – Guidebook for Sustainable Architecture. Jerman: Springer.

Darmanto, D., I Putu, A.W. (2013). Penilaian Kriteria Green Building pada Gedung Rektorat ITS. Jurnal Teknik POMITS Vol. 2 No. 2. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Elveny, M., Rahmadsyah. (2014). Analisis Metode Fuzzy Analythic Hierarchy Process (FAHP) Dalam Menentukan Posisi Jabatan. TECHSI Vol. 4 No. 1 2014, Halaman 111-126.

Green Building Council Indonesia. (2010). The Definition in Creating Green Office. Jakarta.

Green Building Council Indonesia. (2014). Greenship Rating Tools.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2016). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Bangunan Gedung Hijau. Jakarta.

Maidina. (2012). Pengaruh Aspek Energy Efficiency and Conservastion Terhadap Biaya Konstruksi Green Building Dibandingkan dengan Conventional Building. Depok: Universitas Indonesia.

Peraturan Menteri PUPR No. 02. (2015). Bangunan Gedung Hijau. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31002/rice.v5i1.3587

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Reviews in Civil Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Reviews in Civil Engineering

P-ISSN: 2614-3100 E-ISSN: 2614-3119

Published by Department Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tidar

Sekretariat :

Gedung FT 3 Lantai 4, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116

email: civil_teknik@untidar.ac.id