Title:


EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL DI SIMPANG ARTOS MAGELANG DARI ASPEK LALU LINTAS


Author:


Mail Sukoco Jati Santoso(1*)
Mail Evi Puspitasari(2)
Mail Muhammad Amin(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/rice.v5i2.4781| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Simpang Artos merupakan simpang bersinyal yang terletak di perbatasan Kabupaten dan Kota Magelang. Volume lalu lintas kendaraan melewati simpang tersebut terbilang tinggi, sehingga apabila dilihat dari kondisi lapangan terjadi kemacetan yang diakibatkan dari menurunnya kinerja simpang bersinyal. Metode yang digunakan adalah MKJI 1997 dan aplikasi PTV VISSIM. Alternatif yang digunankan yaitu dibangun fly over dengan umur rencana lalu lintas 50 Tahun pada simpang bersinyal. Hasil dari analisis mengunakan MKJI 1997 pada kondisi eksisting nilai tundaan simpang rata-rata sebesar 128,70 det/smp dengan LOS F. Sedangkan, nilai tundaan simpang rata-rata menggunakan aplikasi PTV VISSIM pada kondisi eksisting 100,70 det/smp dengan LOS F. Prediksi umur rencana lalu lintas 50 tahun kinerja simpang bersinyal menggunakan alternatif fly over nilai tundaan simpang rata-rata menggunakan MKJI 1997 sebesar 59,72 det/smp dengan LOS E, dan aplikasi PTV VISSIMĀ  sebesar 43,27 det/smp LOS E.

Keywords


Transportation

Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia.

Dewantoko, A., 2016. Kinerja Simpang Bersinyal Dengan Alternatif Fly Over Di Simpang By-Pass mojokerto Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Febrian, F., 2014. Analisis Perencanaan Penerapan Persimpangan Bersinyal Dinamis (Actuated Traffic Control Ststem) Pada Persimpangan Di kota Palembang. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, Volume 02. No. 03.

Gerung, A., James, A. T., & Joice E. W., 2015. Kajian Lalu Lintas Pada Rencana Pembangunan Fly Over Persimpangan Maumbi. Jurnal Ilmiah Media Engineering, Volume 5 No. 01.

Hudoyo, R., 2016. Efisiensi Rencana Fly Over Kali Banteng Kota Semarang Dalam Mengatasi Kemacetan Dari Sisi Pengguna. Pasca Sarjana Megister Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang.

Kementerian Perhubungan. (2015). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 96 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas. Jakarta.

Rohman, F., 2017. Optimalisasi Unit Dikyasa Mengatasi Kemacetan Arus Lalu Lintas Melalui Dikmas Lantas Di Polres Magelang. Jurnal Akademi Kepolisian Republik Indonesia.

Yuli, A. K., Rhaptyalyani, 2016. Efisiensi Rencana Pembangunan Fly over Persimpangan Jalan Kol. Burlin-Jalan Tanjung Api Api Kota Palembang Untuk Mengatasi Kemacetan. Jurnal Penelitian dan Kajian Bidang Teknik Sipil, Volume 5 No. 01.




DOI: https://doi.org/10.31002/rice.v5i2.4781

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Reviews in Civil Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Reviews in Civil Engineering

P-ISSN: 2614-3100 E-ISSN: 2614-3119

Published by Department Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tidar

Sekretariat :

Gedung FT 3 Lantai 4, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116

email: civil_teknik@untidar.ac.id