Title:


ANALISIS TEBAL PERKERASAN JALAN RAYA MAGELANG-PURWOREJO KM 8 SAMPAI KM 9 MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 1987


Author:


Mail Sudarno Sudarno(1*)
Mail Lulut Fadhilah(2)
Mail Achmad Afif(3)
Mail Siti Nurobingatun(4)
Mail Heru Hariyadi(5)
Mail Abdul Mufid(6)

(1) Universitas Tidar Magelang, Jalan Kapten Suparman no 39 Potrobangsan Magelang, Indonesia
(2) Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tidar, 
(3) Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tidar, 
(4) Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tidar, 
(5) Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tidar, 
(6) Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tidar, 
(*) Corresponding Author
10.31002/rice.v2i1.689| Abstract views : 241 | PDF views : 0

Abstract


Abstrak. The Highway that connect Magelang Purworejo is one of the Collector roads in Central Java. Magelang-Purworejo’s Highway has a fairly high traffic load, based on a survey conducted by LHR in 2017 of 4392 vehicles. A high enough amount of LHR causes the road to damage the hair cracked. Based on the above, the thickness of the pavement or overlay is planned. This plan begins with a survey of the number of passing vehicles for twenty-four hours (LHR), then surveying the carrying capacity of ground using DCP tools, then measuring the skill of using digital teodholit. Then look for references and secondary data in the form of traffic growth, rainfall data and road class data. After all the data obtained then calculated the thickness of road pavement using the method of Bina Marga 1987. Based on these calculations obtained the required re-layer is 3 cm.


Key word: road pavement, overlay, dynamic cone penetrometer


Full Text:

PDF

References


Irwan Lie Keng Wong. Studi Perbandingan Perkerasan Jalan Lentur Metode Bina Marga dan AASHTO dengan Menggunakan Uji Dinamic Cone Penetration (Ruas Jalan Bungku-Funuasingko Kabupaten Morowali), Jurusan Teknik Sipil, Universitas Kristen Indonesia Paulus Makasar, Konferensi Nasional Teknik Sipil 7 Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 24-26 Oktober 2013. Google Scholar

M. Yoga Mandala Putra, Bambang Sugeng Subaglo,Eri Susanto Hariadi, Sri Hendarto. Evaluasi Kondidi Fungsional dan Strukturan Menggunakan Metode Bina Marga dan AASHTO 1993 Sebagai Dasar dalam Penanganan Perkerasan Lentur Studi Kasus: Ruas Medan-Lubuk Pakam. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Teknologi Bandung. Jurnal Teknik Sipil, Volume 20 nomor 3 Desember 2013. Google Scholar.

Arie Syahruddin S. Pengujian Daya Dukung Perkerasan Jalan dengan Dynamic Cone Penetrometer (DCP) Sebagai Standar untuk Evaluasi Perkerasan Jalan. Jurnal APTEK Volume 2 Nomor 1 Juli 2010. Google Scholar.

Leni Sriharyani, Diah Oktami. Kajian Penggunaan Dynamic Cone Penetrometer (DCP) untuk Uji Lapangan pada Tanah Dasar Pekerjaan Timbunan Apron (Studi Kasus di Bandar Udara Radin Inten II Lampung). Jurusan Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal TAPAK Volume 5 Nomor 2 Mei 2016. Google Scholar.

Romaynoor Ismy, Hayatun Nufus. Tinjauan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Simpang Buloh-Line Pipa Sta 0+000 s/d Sta 6+017, Pemkot Lhokseumawe. Fakultas Teknik, Universitas Almuslim. Jurnal REKATEK volume 1 nomor 1, Januari 2015. Google Scholar.

Tatang Sumarna. Pengujian Daya Dukung Lapis Tanah Dasar (Subgrade) pada Tanah Timbunan untuk Lapisan Jalan dengan Alat DCP (Dynamic Cone Penetrometer). Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bandung. Jurnal Potensi, volume 17 nomor 1, Maret 2015. Google Scholar.

Masykur, Septyanto Kurniawan. Analisa Pengujian Dynamic Cone Penetrometer(DCP) untuk Daya Dukung Tanah pada Perkerasan Jalan Overlay. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal TAPAK Volume 7 nomor 1, November 2017. Google Scholar.

Ataline Muliasari, Lukiana. Penentuan Tebal Perkerasan Lentur Berdasarkan Nilai CBR (California Bearing Ratio) dan ESWL (Equivalent Single Wheel Load) Pesawat Rencana pada Perencanaan Pembangunan Bandar Udara Baru di Karawang. Pusat Litbang Perhubungan Udara. WARTA ARDHIA (Jurnal Perhubungan Udara) Volume 39 Nomor 3, September 2013. Google Scholar.

Dewi Handayani, Djoko Sarwono, Selviana Tikna Puspitasari. Evaluasi Struktur Perkerasan Jalan Lintas Angkutan Barang (Peti Kemas) Surakarta-Sukoharjo. Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret. E-Jurnal Matriks Teknik Sipil, Desember 2016

Yuliyanto. Kajian Dampak Variabilitas Curah Hujan Terhadap Produktivitas Padi Sawah Tadah Hujan di Kabupaten Magelang. Google Scholar.

Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Metode Bina Marga 1987 https://hmtsunsoed.files.wordpress.com/2012/05/3-petunjuk-perencanaan-tebal-metode-mak-1987.pdf diakses pada 24 Desember 2017 pukul 12.35 WIB

Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis, 1949-2016 https://www.bps.go.id/linkTabelDinamis/view/id/1133 diakses pada 15 Desember 2017 pukul 12.11 WIB.

Departemen Pekerjaan Umum. Rancangan 3 Pedoman Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil Cara Uji dengan Dynamic Cone Penetrometer (DCP). www.academia.edu/6482454/RANCANGAN_3_PEDOMAN_Cara_uji_CBR_dengan_Dynamic_Cone_Penetrometer_DCP_DEPARTEMEN_PEKERJAAN_UMUM_Daftar_isi diakses pada 8 Januari 2018 pukul 15.03 WIB.




DOI: https://doi.org/10.31002/rice.v2i1.689

Article Metrics

Abstract view : 241 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Reviews in Civil Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Reviews in Civil Engineering

P-ISSN: 2614-3100 E-ISSN: 2614-3119

Published by Department Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tidar

Sekretariat :

Gedung FT 3 Lantai 4, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116

email: civil_teknik@untidar.ac.id