Title:


ANALISIS STRUKTUR PERKERASAN JALAN MAGELANG-PURWOREJO KM 5


Author:


Mail Google Scholar Orcid Sudarno Sudarno(1*)
Mail Baehaki Abdulah(2)
Mail Oktana Dari Mukti(3)
Mail Aryandini Intan Pradipta(4)
Mail Lutfia Citra Ayu Rafika(5)
Mail Rheza Andrean Pramudita(6)
Mail Elmi Nur Sayekti(7)

(1) ID Scopus 57194532094 jurusan Teknik Sipil Universitas Tidar, 
(2) Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tidar, Indonesia
(3) Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tidar, Indonesia
(4) Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tidar, Indonesia
(5) Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tidar, Indonesia
(6) Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tidar, Indonesia
(7) Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/rice.v1i1.839| Abstract views : 637 | PDF views : 0

Abstract


Jalan Raya Magelang – Purworejo adalah jalan penghubung Kabupaten dan Kota Magelang dengan Kabupaten Purworejo. Jalan Raya Magelang – Purworejo memiliki beban lalu lintas yang tinggi menurut survei LHR yang dilakukan pada tahun 2017 sebanyak 6402 kendaraan. Penelitian yang dilakukan merupakan perhitungan tebal lapis perkerasan lentur jalan raya dengan metode Bina Marga  1987 dengan menggunakan data hasil uji Dynamic Cone Penetrometer. Perhitungan perencanaan overlay ini menggunakan laston MS 590 dimana data CBR lapangan rata-rata menggunakan Dynamic Cone Penetrometre (DCP) dengan ukuran konus 30o sebesar 33,6963. Kemudian dari data tersebut diperoleh nilai daya dukung tanah (DDT) sebesar 6 dan nilai LER lima tahun pertama 73,3132 dan untuk lima tahun kedua 176,9414. Dari hasil perhitungan keseluruhan diketahui bahwa tebal lapis permukaan sebesar 3 cm, lapis pondasi bawah menggunakan sirtu kelas B sebesar 10 cm.


Keywords


Analisis, tebal perkerasan, Bina Marga 1987

Full Text:

PDF

References


I Made Udiana,dkk. 2014. Analisa Faktor Penyebab Kerusakan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan W. J. Lalamentik dan Ruas Jalan Gor Flobamora). Jurnal Teknik Sipil Vol. III, No. 1, April 2014. Kupang.

Udiana I.,

Arie Syahruddin S. 2010. Pengujian Daya Dukung Perkerasan Jalan Dengan Dynamic Cone Penetrometer (DCP) Sebagai Standar Untuk Evaluasi Perkerasan Jalan. JURNAL APTEK Vol. 2 No. 1 Juli 2010. Rokan Hulu.

Sri Nuryati. Analisis Tebal Lapis Perkerasan Dengan Metode Bina Marga 1987 dan AASHTO 1986. Universitas Islam “45” Bekasi. Bekasi.

SNI 1738:2011 Cara Uji CBR Lapangan

Ali Alhadar. 2011. Analisis Kinerja Jalan Dalam Upaya Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas Pada Luas Simpang Bersinyal Di Kota Palu. Jurnal SMARTek, Vol. 9 No. 4. Palu

Departemen Pekerjaan Umum. 1987. Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Rata Dengan Metode Analisa Komponen. Jakarta

Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis, 1949-2016 https://www.bps.go.id/linkTabelDinamis/view/id/1133

Peraturan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Jalan.

Departemen Pekerjaan Umum. Rancangan 3 Pedoman Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil Cara Uji dengan Dynamic Cone Penetrometer

Irwan Lie Keng Wong. 2013. Studi Perbandingan Perkerasan Jalan Lentur Metode Bina Marga dan AASTHO dengan Menggunakan Uji Dynamic Cone Penetration (Ruas Jalan Bungku - Funuasingko Kabupaten Morowali). Konferensi Nasional Teknik Sipil 7 (KoNTekS 7) Universitas Sebelas Maret (UNS) - Surakarta, 24-26 Oktober 2013. Surakarta

Leni Sriharyani,dkk. 2016. Kajian Penggunaan Dynamic Cone Penetrometer (Dcp) Untuk Uji Lapangan Pada Tanah Dasar Pekerjaan Timbunan Apron ( Studi Kasus Di Bandar Udara Radin Inten Ii Lampung ). ISSN 2089-2098 TAPAK Vol. 5 No. 2 Mei 2016. Lampung

Alex Wahyu Kesuma,Dkk. 2012. Kajian Alokasi Anggaran Biaya Jaringan Irigasi Berbasis Kinerja Irigasi dan Nilai Manfaat Ekonomi (Studi Kasus D.I. Prambatan Kota Batu). Jurnal Teknik Pengairan, Volume 3, Nomor 1, Mei 2012, Hlm 43–50. Malang

Suwono. Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Simpang Perdau – Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur. Teknik Sipil Universitas 17 Agustus 1945, Samarinda.

Ruswandi Tahrir,dkk, Analisa Perancangan Perbandingan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) dengan Menggunakan Metode AASHTO 1993, Sni Pd-T14-2003, Road Note 29 Dan Naasra 1987 Jalan Kubang Raya Provinsi Riau, Lintas Timur Sumatera, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Gunadarma, Depok.

Mardianus. 2013. Studi Penanganan Jalan Berdasarkan Tingkat Kerusakan Perkerasan Jalan (Studi Kasus: Jalan Kuala Dua Kabupaten Kubu Raya) . Jurnal Teknik Sipil Untan / Volume 13 Nomor 1 – Juni 2013. Alumnus Prodi Teknik Sipil Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Happy Budhiaty, 2013. Pengukuran Nilai California Bearing Ratio (CBR) Lapis Perkerasan Aspal Dengan Alat Dynamic Cone Penetrometer (DCP). Jurnal BENTANG Vol. 1 No. 2 Juli 2013 Universitas Islam 45, Bekasi.

Abdul Rahman, dkk. Analisis Kinerja Ruas Jalan Studi Kasus : Jalan Waturenggong Di Kota Denpasar. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Warmadewa, Denpasar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/rice.v1i1.839

Article Metrics

Abstract view : 637 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Reviews in Civil Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Reviews in Civil Engineering

P-ISSN: 2614-3100 E-ISSN: 2614-3119

Published by Department Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tidar

Sekretariat :

Gedung FT 3 Lantai 4, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116

email: civil_teknik@untidar.ac.id