Title:


EVALUASI PENILAIAN PERKERASAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (STUDI KASUS RUAS JALAN GAJAH MADA DAN SOROGO KEC. CEPU)


Author:


Mail Hariyanto Hariyanto(1*)

(1) STTR CEPU, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/rice.v3i1.852| Abstract views : 670 | PDF views : 0

Abstract


Ruas  jalan  Gajah  Mada  dan  Sorogo  merupakan  akses  menuju  dua perguruan tinggi serta akses menuju instansi pertamina di kota Cepu yang menggunakan perkerasan lentur (flexible pavement). Berbagai kendaraan berat dan ringan melewati ruas jalan tersebut sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan jalan. Evaluasi kondisi kerusakan jalan sangat perlu dilakukan untuk monitoring seberapa tingkat kerusakan jalan yang terjadi pada suatu ruas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kerusakan yang terjadi, serta menentukan jenis penanganan kerusakan jalan yang sesuai.Metode yang dipakai dalam penilaian kondisi kerusakan perkerasan jalan ini adalah metode PCI (Pavement Condition  Index), melakukan  survei  secara visual dengan cara melihat dan menganalisis kerusakantersebut berdasarkan jenis, tingkat kerusakaannya serta kuantitas kerusakan untukdigunakan sebagai dasar dalam melakukan kegiatan pemeliharaan dan perbaikan.Cara menganalisanya dengan membagi ruas jalan dalam sampel seluas ±50 m2,menghitung densitas, mencari deduct value pada grafik lalu menghitung PavementConditional Index (PCI).Hasil  evaluasi  penelitian  kondisi  ruas  jalan  Gajah  Mada  dan  Sorogo dengan metode PCI diperoleh kerusakan lubang (1,21%), retak kulit buaya (10,19%), retak pinggir (7,94%), retak memanjang dan melintang (7,45%), bergelombang  (8,1%),  amblas(1,7%),  bahu  jalan  turun(7,1%),  pelapukan  dan butiran lepas (3,25%), dan alur (15,93%), pengelupasan (2,25%), benjol & turun (0,9%),  retak  berkelok  (3,2%),  dan  mengembang  (1,1%).  Dengan  nilai  PCI sebesar 80 untuk ruas jalan Gajah Mada dan 78 untuk ruas jalan Sorogo.

Keywords


Evaluasi, Kerusakan jalan, Metode PCI

Full Text:

PDF

References


Amin Khairi, Muhammad Idham, Hamdani Saleh. 2012. Evaluasi Jenis dan Tingkat Kerusakan dengan Menggunakan Metode PCI (Studi Kasus Di Jalan Soekarno Hatta 05+000-10+000). Politeknik Negeri Bengkalis.

Ary Setyawana, Jolis Nainggolan, Arif Budiarto. 2015. Predicting The Remaining Service Life Of Road Using Pavement Condition Index, Pro. The 5th International Conference Of Euro Asia Civil Engineering Forum (EACEF-5). Procedia Engineering 125 (2015) 417-423.

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga, (1995) Petunjuk Teknis No. 024/T/Bt/1995, Petunjuk Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan Kabupaten.

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga, Pemerintah

Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 1985 tentang jalan, Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga, Undang-Undang

Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 1980 tentang jalan, Jakarta.

Pamungkas Bayu. 2014. Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Sebagai Dasar Penentuan Perbaikan Jalan Menggunakan Metode Bina Marga dan Metode PCI (pavement condition index). Universitas Gajah Mada.

Shahin, M. Y. (1994). Pavement Manajement forAirports,Roads, and Parking Lots




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/rice.v3i1.852

Article Metrics

Abstract view : 670 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Reviews in Civil Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Reviews in Civil Engineering

P-ISSN: 2614-3100 E-ISSN: 2614-3119

Published by Department Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tidar

Sekretariat :

Gedung FT 3 Lantai 4, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116

email: civil_teknik@untidar.ac.id