PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE

Darmawan Darmawan Harefa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peninkatan hasil belajar IPA  fisika siswa pada model pembelajaran Prediction Guide. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen yang bersifat kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Maniamolo. Hasil penelitian, berdasarkan hasil uji hipotesi diperoleh bahwa thitung sebesar 2,018 sedangkan ttabel sebesar 1,670 dengan demikian, maka Ha diterima dan H0 ditolak pada taraf signifikan 5 %. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Prediction Guide berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Maniamolo. Saran peneliti yaitu bagi guru, khususnya mata Pelajaran IPA supaya dapat menggunakan model pembelajaran Prediction Quide demi meningkatkan kemampuan yang dimiliki siswa.


Keywords


Peningkatan, Hasil Belajar IPA, Pembelajaran Prediction

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31002/ijel.v4i1.2507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Education and Learning

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.