Tingkat Literasi Membaca Siswa Kelas IV SDN 3 Sikur Lombok Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian mengkaji kemampuan literasi membaca siswa SD 3 Sikur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi membaca siswa kelas IV SDN 3 Sikur tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 3 Sikur tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 3 Sikur sebanyak 26 orang. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah tes dan angket. tes dan angket yang digunakan diambil dari PIRLS Framework dan dikembangkan oleh peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi membaca yang diperoleh, terbagi menjadi tiga kategori yang berbeda, yaitu 2 siswa (8%) berada pada kategori tinggi, 19 siswa (73%) berada pada kategori sedang dan 5 siswa (19%) berada pada kategori rendah. Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat literasi membaca siswa juga yaitu minat membaca berbagai jenis buku bacaan yang rata-rata berada pada kategori sedang yaitu 15 siswa ( 59%) dari 26 siswa secara keseluruh kelas IV A SDN 3 Sikur Kecamtan Sikur.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi.(2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Direktorat Jendral. (2016). Desai Induk Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Bagian Perencanaan Dan Penganggaran Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Indriyanti, M. (2016). Hubungan Tes Membaca Berdasarkan Standar Pirls Terhadap Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas 4 Gugus Plangkawati Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Kemendikbud. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bagian Perencanaan Dan Penganggaran Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Nurgiantoro, Burhan. (2010). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Riyanton, M. R. M., & Wijayawati, D. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Minat Membaca Dan Literasi Di Sekolah Dasar. Prosiding, 9(1).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Rnd. Bandung: Alfabeta
Sulistyo, A. (2017). Evaluasi Program Budaya Membaca di Sekolah Dasar Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 48-58.
Suryaman, M. (2015). Analisis hasil belajar peserta didik dalam literasi membaca melalui studi internasional (PIRLS) 2011. Litera, 14(1).
Vitaloka, V., Sulaiman, R., & Munir, M. (2020). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Terhadap Kebiasaan Membaca Siswa di SD Negeri 1 Koba Kabupaten Bangka Tengah Tahun Ajaran 2019/2020. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 1(2), 90-98.
Yunus, Abidin, Dkk. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Nyoman Dantes. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Cv Andi Offset.
DOI: https://doi.org/10.31002/ijel.v4i1.2799
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Education and Learning

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.