PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERBANTUAN LINGSAT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

harda pantjana

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar melalui model pembelajaran tutor sebaya.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, pada siswa kelas kelas 10 EB jurusan Audio Video SMK Negeri 1 Magelang dalam pembelajaran  Matematika pada kompetensi dasar menyelesaikan masalah nilai sudut berelasi diberbagai kuadran pada materi trigonometri. Penelitian ini melalui tiga kondisi, yaitu Prasiklus, Siklus I dan Siklus II, masing-masing dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Pada Siklus I, rata-rata tingkat motivasi belajar siswa sudah mengalami kenaikan walaupun masih 2,6 (kriteria BC) dibawah 3 (kriteria B), Demikian juga hasil belajarnya  telah mempunyai rata-rata kelas 68, artinya  mengalami peningkatan 29,4 % dari kondisi Prasiklus, yang cuma 46. Pada Siklus II, rata-rata tingkat motivasi belajar sudah mencapai 3,3 atau berkriteria B+, demikian pula rata-rata nilai prestasi/hasil belajar sudah mencapai 76 atau mengalami kenaikan 65,2% dari rata-rata nilai belajar 68 di Siklus I, ini berarti kenaikan hasil belajar sudah  signifikan.


Keywords


motivasi belajar; hasil belajar dan pembelajaran tutor sebaya

Full Text:

PDF

References


Anggorowati, Ningrum Pusporini, 2011, Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Sisiologi, Jurnal Komunitas 3 (1) (2011): 103-120. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/komunitas

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Ika Marlita Sari mahasiswa , 2006, Keefektifan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 36 Semarang,Skripsi (tidak diterbitkan) Semarang: F.MIPA UNNES

Indrianie, Niken Sholi, 2015, Penerapan Model Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Reported Speech terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN Kota Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Volume 1, Nomor 1, Januari 2015; 126-132.

Suyadi, 2013, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. PT. Remaja RosdaKarya. Bandung

Triono, Agus, 2015, Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya Materi Perkalian Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV Semester 1 SD 1 Prambatan Lor. Skripsi (tidak diterbitkan). Kudus:




DOI: https://doi.org/10.31002/ijel.v4i1.3319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Education and Learning

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.