MULTIMEDIA INTERAKTIF TERINTEGRASI AYAT AL-QUR’AN PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan multimedia interaktif terintegrasi ayat Al-Quran pada materi sistem pencernaan manusia dan mengetahui tingkat validitas, praktikalitas dan respon siswa terhadap produk yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan berupa penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D. Pengumpulan data dilakukan dengan angket yang diberikan kepada dua orang validator ahli materi dan ahli media, dua orang guru IPA SMP, dan sepuluh orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas multimedia interaktif pada materi sistem pencernaan manusia yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan presentasi kevalidan 88,2%, dengan rata-rata kevalidan ahli materi dan ahli media adalah 87,5% dan 88,8%. Tingkat praktikalitas yang diperoleh adalah sangat praktis dengan presentasi kepraktisan 94,7% dan mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dengan presentasi 98,5%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif terintegrasi ayat Al-Quran pada materi sistem pencernaan manusia yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran IPA dan mendapat respon sangat baik dari siswa.
Keywords
Full Text:
pdfReferences
Anantyarta, P. (2018). Pengembangan Petunjuk Praktikum Protista Kelas X SMA ’ Arif Nu Pandaan. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 11–21.
Anantyarta, P., & Sholihah, F. N. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Materi Bioteknologi menggunakan Program Autoplay. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 45–57.
Atika, D., Nuswowati, M., & Nurhayati, S. (2018). Pengaruh Metode Discovery Learning Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2149 – 2158.
Ayu, Y. P., & Lepiyanto, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis POE (Predict Observe Explain ) Terintegrasi Nilai Keislaman Materi Jaringan Tumbuhan. Jurnal Bioterdidik, 7(4), 53–63.
Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234-244.
Djamahar, R., Ristanto, R. H., Darmawan, E., Education, B., Sciences, N., Jakarta, U. N., Education, B., & Tidar, U. (2020). Biology Teachers: Knowledge in Authentic Assessment Through Cooperative Integrated Reading and Composition Based Scientific Approach (Cirsa). IJOSE: Indonesian Journal of Science and Education, 4(2), 111–124. https://doi.org/10.31002/ijose.v4i2.258
Febiharsa, D., & Djuniadi. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia . Journal of SECE (Studies in Early Chilhood Education), 1(1), 75–84.
Imania, K.A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (PETIK), 5(1), 31–47.
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sundermann, 1(1), 28–43.
Latifah, N., & Vebrianto, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Blog untuk Mata Pelajaran Sains. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri (SNTIKI) 9, 18–19.
Latifah, S., & Ratnasari, R. (2016). Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an pada Materi Tata Surya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika.
Mediartika, N., & Aznam, N. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Portofolio Berbasis Multiple Intelligence Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 52–63.
Nazif, A. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Macromedia Flash Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Pemurus Dalam Banjarmasin. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 20(1), 21–42.
Onintra, P. 2009. Evaluation of Educational Multimedia support System for Students with Deafness. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 8(1):71-90
Permana, N. D. (2018). Penerapan Model Pebelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Website Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Journal of Natural Science and Integration,1(1),11–41. https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5187
Permana, N. D., Wibowo, F. C., Susilawati, Zarkasih, Z., Bakhtiar, N., Darman, D. R., & Siswanto, S. (2021, March). Development Of A Basic Physics Practicum Guide That Is Integrated With Qur’anic Verses For Prospective Natural Science Teachers. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2320, No. 1, p. 020028). AIP Publishing LLC.
Purba, K. R., & Runtulalu, D. (2017). Development of Interactive Learning Media for Simulating Human Digestive System. International Conference on Soft Computing, Intelligent System and Information Technology (ICS), 270–274. https://doi.org/10.1109/ICSIIT.2017.67
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239 – 2253.
Rofiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPS Terpadu. Journal of Education Technology, 3(3), 126–133.
Samodra, D. W., V. Suhartono, & S. Santosa. 2009. Multimedia Pembelajaran Reproduksi pada Manusia. Jurnal Teknologi Informasi, 5(2): 695-710
Stephen, M., W. Franklin, A. Elizabeth, K. Juma, & O. Patrick. 2011. Teaching Computer Programming in the 21st Century. International Journal of Science and Technology (IJST), 1(6): 247-252.
Syawaludin, A., Gunarhadi, G., & Rintayati, P. (2019). Enhancing Elementary School Students’ Abstract Reasoning in Science Learning through Augmented Reality-Based Interactive Multimedia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 288-297.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. A Sourcebook Indiana: Indiana University.
Wahyuni, Anggraini, S. R. (2016). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Grafik Fungsi. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 03(03), 247–261.
Widayat, W., Kasmui, K., & Sukaesih, S. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran IPA Terpadu Pada Tema Sistem Gerak Pada Manusia. Unnes Science Education Journal, 3(2).
Widodo, W., Sudibyo, E., Suryanti, S., Sari, D. A. P., Inzanah, I., & Setiawan, B. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’ s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 248-256.
DOI: https://doi.org/10.31002/ijel.v6i1.7348
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Education and Learning

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.