Considering Students’ Prior Knowledge in Culture-based Contextual Learning Media Application: How Effective It is to Support Students’ Mathematics Learning Outcome
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, M.F. & Kusuma, M.D. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah kontekstual untuk meningkatkan kemampuan metakognisi siswa sekolah dasar. J. Medives, 2(1), 117–128.
Anggraini, V.D., Mukhadis, A., & Muladi, M. (2013). Problem based learning, motivasi belajar, kemampuan awal, dan hasil belajar siswa SMK. J. Ilmu Pendidik., 19(2), 187–195.
Astuti, S.P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar. J. Form. 5(1), 68–7.
Haryoko, S. (2009). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. J. Edukasi, 5(1), 1–10.
Herawati, R.F., Mulyani, S, & Redjeki, T. (2013). Pembelajaran kimia berbasis multiple representasi ditinjau dari kemampuan awal terhadap prestasi belajar laju reaksi siswa SMA NEGERI I Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. J. Pendidik. Kim., 2(2), 38–43.
Hevriansyah, P. & Megawanti, P. (2016). Pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika. J. Kaji. Pendidik. Mat., 2(1), 37–44.
Nashar. (2004). Peranan motivasi dan kemampuan awal dalam kegiatan pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Pannen, P. (2005). Pendidikan sebagai sistem. Jakarta: Depdiknas.
Purwaningrum, D. (2016). Efek strategi pembelajaran ditinjau dari kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika kelas XI IPS. J. Manag. Pendidik., 11(2), 155–167.
Rusydi, I. (2014). Pendidikan berbasis budaya Cirebon. Intizar, 20(2), 327–348.
Suastra, I.W., Tika, K., & Kariasa, N. (2011). Efektivitas model pembelajaran sains berbasis budaya lokal untuk mengembangkan kompetensi dasar sains dan nilai kearifan lokal di SMP. JPPP Lemlit, 5(3), 258–273.
Suhartini, E.S.I. & Syahputra, E. (2016). Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik dan kemandirian belajar siswa di MTs Miftahussalam Medan. Paradikma, 9(3), 2016.
Tandililing, E. (2013). Pengembangan pembelajaran matematika sekolah dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, Yogyakarta. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/10748/.
Wijayanto, Z. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada keraton Yogyakarta. Sosiohumaniora, 3(1), 80–88.
DOI: https://doi.org/10.31002/ijome.v2i1.1207
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Indonesian Journal of Mathematics Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
ISSN: 2654-3907 (print) | 2654-346X (online)
Jalan Kapten Suparman No.39, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia 56116
Phone (0293) 364113 Fax. (0293) 362438
Website : http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/ijome