Title:


THE EFFECT OF MATH ANXIETY ON THE LEARNING ACHIEVEMENT OF FIFTH GRADE STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL IN YOGYAKARTA CITY AND BANTUL DISTRICT


Author:


Mail Danuri Danuri(1*)
Mail Kintoko Kintoko(2)

(1) Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
(2) Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/ijome.v5i1.5646| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui aktivitas matematika siswa kelas V SD di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul.(2) Mengukur prestasi belajar matematika siswa kelas V SD di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul, dan (3) Mengkaji interaksi aktivitas matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan metode survei kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di 16 SD Kota Yogyakarta dan 11 SD Kabupaten Bantul pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 pada bulan Mei-Juni 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas V se-Kota Yogyakarta. dan sebagian Kabupaten Bantul. Sampel penelitian adalah 793 siswa yang terdiri dari 396 siswa di Kota Yogyakarta dan 397 siswa di Kabupaten Bantul.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Selanjutnya dalam pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data penelitian ini menggunakan uji validitas (Product Moment Method), uji reliabilitas, uji normalitas (Kolomogorov-Smirnov), uji linieritas, dan uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Matematika kecemasan atau kecemasan pada siswa kelas V SD di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul dengan persentase 35%, (2) Prestasi siswa kelas V SD di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul termasuk dalam kategori kategori sangat tinggi dengan persentase 48%,(3) Ada pengaruh kecemasan matematika atau kecemasan matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul. Hal ini dibuktikan dengan uji regresi linier sederhana yang menunjukkan hasil signifikansi sebesar 0,00 dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kecemasan atau kecemasan terhadap prestasi belajar dengan persentase 1,6% dan signifikan.

Keywords


math anxiety, learning achievement

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31002/ijome.v5i1.5646

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

             

ISSN: 2654-3907 (print) | 2654-346X (online)

Jalan Kapten Suparman No.39, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia 56116

Phone (0293) 364113  Fax. (0293) 362438

Website : http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/ijome