Title:


PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS DANKETERAMPILAN PROSES SAINS


Author:


Mail Khaireni Puspaningtyas(1*)
Mail Suparno Suparno(2)

(1) Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/ijose.v1i1.416| Abstract views : 525 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadapkemampuan analisisdan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 1 Parakan. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest control design. Sampel diambil dari siswa kelas X SMA Negeri 1 Parakan semester kedua tahun ajaran 2013/2014.Data kemampuan analisis dan keterampilan proses dikumpulkan melalui instrumen tes dan lembar observasi.Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji multivariat (MANOVA).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan analisis dan keterampilan proses sains siswa. Kemampuan analisis dan keterampilan proses sains siswa pada kelas dengan menerapkan model inkuiri terbimbing (eksperimen) lebih baik dari pada kelas dengan menerapkan model ekspositori (kontrol). Nilai gain kemampuan analisis kelas eksperimen sebesar 0,47 dan nilai gain kelas eksperimen sebesar 0,21. Sedangkan rata-rata nilai keterampilan proses sains kelas eksperimen sebesar 79,6 dan kelas kontrol sebesar 74,4. Selain itu, berdasarkan uji manova, baik pada nilai signifikansi kemampuan analisis maupun nilai signifikasi keterampilan proses kurang dari 0,005, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan analisis dan keterampilan proses sains siswa SMA Negeri 1 Parakan.

 

Kata kunci: inkuiri terbimbing, kemampuan analisis, keterampilan proses sains

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, S. (2013). Tes prestasi: fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Bloom, B.S. (1975).Taxonomy of Educational Objectives: Handbook 1, Cognitive Domain. New York: David McKay.

Chodijah, S., Fauzi, A., & Wulan, R. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model guided inquiry yang dilengkapi penilaian portofolio pada materi gerak melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 1 (2012). 1-19.

Hake, R.R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: a six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 1, pp. 64-74.

Jacobsen, D.A., Eggen, P., & Kauchak, D. (2009). Methods for teaching: promoting student learning in k-12 classroom (8th ed.).USA: Pearson Education Inc.

Kemendiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22, Tahun 2006, tentang Standar Isi.

Nworgu, L.N., & Otum, V.V. (2013). Effect of guided inquiry with analogy instructional strategy on students acquisition of science process skills. Journal of Education and Practice, 4, 35-40.

Ornek, F., Robinson, W.R., &Haugan, M.P. (2008). What makes physics difficultInternational Journal of Environmental and Science Education, 3, 30-34.

Panasan, M., &Prasart, N. (2010). Learning outcomes of project-based and inquiry-based learning activities.Journal of Social Sciences, 6, 252-255.

Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standart proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2008). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabet.

Suparno, P. (2007). Metodologi pembelajaran fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Tangkas, I. M. (2012). Pengaruh implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas x SMAN 3 Amlapura (Tesis tidak dipublikasikan).Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.

Wulandari, R. (2012). Pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri dalam kegiatan laboratorium terhadap motivasi belajar dan ketrampilan berpikir peserta didik smp (Tesis tidak dipublikasikan). Program Pascasarjana UNY, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/ijose.v1i1.416

Article Metrics

Abstract view : 525 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Indonesian Journal of Science and Education

 Creative Commons License
Indonesian Journal of Science and Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.Copyright © Universitas Tidar. All rights reserved. p-ISSN2598-5213, e-ISSN 2598-5205  View my Stat