Title:


ANALISIS FREKUENSI PADA GONG LARAS SLENDRO


Author:


Mail Eli Trisnowati(1*)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/ijose.v1i1.418| Abstract views : 1055 | PDF views : 0

Abstract


Bunyi yang dihasilkan oleh alat musik pada umumnya ditampilkan dalam bentuk gelombang (waveform) sebagai fungsi waktu. Tampilan ini menggambarkan perambatan intensitas bunyi terhadap waktu. Dari bentuk gelombang ini dapat diperoleh informasi tentang frekuensi. Bentuk gelombang dalam fungsi waktu ini ditransformasi ke dalam fungsi frekuensi melalui FFT, hasilnya berupa spektrum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui frekuensi pada berbagai instrumen gong yang peletakannya dengan cara digantung. Perekaman bunyi gong dilakukan dengan menggunakan handphone dan hasilnya disimpan dalam file berekstensi .wav. Bunyi hasil rekaman disimpan dalam komputer, dan selanjutnya dianalisis menggunakan program pengolah audio. Hasil analisis menunjukkan bahwa semakin besar diameter gong maka frekuensi fundamental yang dihasilkan semakin kecil. Nada harmonis yang dihasilkan berturut-turut dari kempul 2, kempul 1, kempul 6, kempul 5, kempul 3, gong suwukan, dan gong ageng adalah 12, 12, 11, 12, 5, 5, 5.

 

Kata Kunci: frekuensi, gamelan, gong


Full Text:

PDF

References


David R. Lapp, Fellow. The Physics Of Music and Musical Instruments. Massachusetts:Tufts University.

Heru, K. Kajian Spektrum Warna Bunyi Saron Ricik Gamelan Kanjeng Kyahi Nagawilaga dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14 Mei 2011

Heru, K. Saron Demung Instruments Timbre Spectrum Comparison Study on The Gamelans Sekati from Karaton Ngayogyakarta International Journal of Basic & Applied Sciences IJBAS-IJENS Vol: 12 No: 01, 2012

Kinsler, Lawrence, et. al. 1980. Fundamental of Acoustics. Third edition. California: United States of America.

Mendonça, Maria. Gamelan Performance Outside Indonesia "Setting Sail": Babar Layar and Notions of "Bi-musicality". Asian Music; Summer 2011; 42, 2; ProQuest

Payne, Charles A. 1989. Physical Science: Principles and Applications. Fifth edition. Lowa: Wm. C. Brown Publishers.

Perlman, Marc. 2004. Unplayed Melodies: Javanese Gamelan and the Genesis of Music Theory. Berkeley and Los Angeles: University of California Press.

Sumarsam. 2003. GAMELAN Interaksi Budaya dan Perkembangan Musikal Jawa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Weiss, Sarah. Gamelan of Central Java II: Ceremonial Music/Gamelan of Central Java IV: Spiritual Music. Asian Music; Winter 2009; 40, 1; ProQuest

Wisnusubroto, Sunardi. 1997. Sri Lestari: An Introduction to Gamelan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Yudoyono, Bambang. 1984. GAMELAN JAWA Awal-Mula, Makna, Masa Depannya. Jakarta: PT. Karya Unipress.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/ijose.v1i1.418

Article Metrics

Abstract view : 1055 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Indonesian Journal of Science and Education

 Creative Commons License
Indonesian Journal of Science and Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.Copyright © Universitas Tidar. All rights reserved. p-ISSN2598-5213, e-ISSN 2598-5205  View my Stat