Title:


MODEL PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN INKUIRI BERBASIS PROYEK UNTUK MENUMBUHKAN KOMPETENSI MENYELESAIKAN MASALAH


Author:


Mail Eko Juliyanto(1*)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/ijose.v1i1.419| Abstract views : 660 | PDF views : 0

Abstract


Kompetensi memecahkan masalah merupakan kompetensi yang paling diperlukan dalam dunia kerja, sehingga perlu upaya pengembangan kompetensi memecahkan masalah dalam pendidikan formal. Para ahli menyatakan pembelajaran fisika dengan pendekatan inkuiri mampu menumbuhkan kompetensi memecahkan masalah. Namun kebanyakan guru enggan menggunakan pendekatan inkuiri karena peralatan laboratorium yang kurang memadai dan membutuhkan waktu yang banyak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model pembelajaran IPA fisika dengan pendekatan inkuiri yang mampu menumbuhkan kompetensi memecahkan masalah, yang mampu mengatasi kendala peralatan laboratorium yang kurang memadai dan kendala kebutuhan waktu yang banyak pada siswa SMP dan mengetahui keefektifan model tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Sampel Penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Pecangaan. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran fisika yang mampu menumbuhkan kompetensi memecahkan masalah yang bisa mengatasi permasalahan keterbatasan waktu dan alat adalah model pembelajaran fisika dengan pendekatan inkuiri berbasis proyek. Pada model pembelajaran ini, sebagian dari langkah strategi pembelajaran dilakksanakan di rumah, sehingga dapat menghemat penggunaan jam pelajaran. Uji coba skala terbatas menunjukkan ada peningkatan kemampuan berpikir siswa dengan besarnya nilai <g> adalah 0.36. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 6.096 dan ttabel = 2.84  yang menunjukkan thitung tidak berada pada daerah penerimaan Ho. Dengan demikian, model pembelajaran ini secara signifikan mampu menumbuhkan kompetensi memecahkan masalah pada siswa SMP dengan besarnya nilai <g> adalah 0.58.

 

Kata Kunci: Pendekatan Inkuiri, Berbasis Proyek, Kompetensi Memecahkan Masalah


Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. dan Shariff, A. (2008). “The Effects of Inquiry-Based Computer Simulation with Cooperative Learning on Scientific Thinking and Conceptual Understanding of Gas Laws”. Eurosia Juornal of Mathematics, Science and Tecnology Education, Volume 4 No. 4 Hal. 387-398.

Carson, J. (2007). “A Problem with Problem Solving: Teaching Thinking without Teaching Knowledge”. The Mathematics Educator, Volume 17 No. 2 Hal. 7-14.

Heuvelen, A.A. (2001). “Millikan Lecture 1999: The Workplace, Student Minds, and Physics Learning Systems”. Am. J. Phys, Volume 69 No. 11 Hal. 1139-1146.

Joyce, B., Weil, M., dan Calhoun, E. 2009. Models of Teaching (Terjemahan). Edisi Kedelapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Lawson, A. E. (1995). Science Teaching and The Development of Thinking. California: Wadsworth Publising Company.

Mourtos, N.J., Okamoto, N. D., dan Rhee, J. (2004). “Defining, Teaching and Assesing Problem Solving Skills”. 7th UICEE Annual Conference on Engineering Education. Mumbai, India, 9-13 Februari 2004.

Nasution, S. (2009). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Reif, F. (1995). “Millikan Lecture 1994: Understanding and Teaching Important Scientific Thought Processes”. Am. J. Phys, Volume 63 No. 1 Hal. 17-32.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Inkuiri. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wenning, C. J. (2007). “Assesing Inquiry Skill as Component of Scientific Literacy”. Journal Physics Teacher Education Online, Volume 4 No. 2 Hal. 21-24.

Wiyanto. (2008). Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kompetensi Laboratorium. Semarang: UNNES Press.

Wood, D.R., et al. (1997). “Developing Problem Solving Skills: The McMaster Problem Solving Program”. Journal of Engineering Education, Volume 86 No. 2 Hal. 75-91.p. 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/ijose.v1i1.419

Article Metrics

Abstract view : 660 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Indonesian Journal of Science and Education

 Creative Commons License
Indonesian Journal of Science and Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.Copyright © Universitas Tidar. All rights reserved. p-ISSN2598-5213, e-ISSN 2598-5205  View my Stat