Title:


EVALUASI DEFLEKSI VERTIKAL PADA JEMBATAN PIPA AIR SUNGAI PROGO MAGELANG BERDASARKAN RSNI T 03-2005


Author:


Mail Anik Triyani(1*)
Mail Anis Rakhmawati(2)
Mail Dwi Sat Agus Yuwana(3)

(1) Fakultas Teknik, Universitas Tidar, 
(2) Fakultas Teknik, Universitas Tidar, 
(3) Fakultas Teknik, Universitas Tidar, 
(*) Corresponding Author
10.31002/.v1i1.2224| Abstract views : 137 | PDF views : 0

Abstract


Jembatan pipa air Sungai Progo Magelang yang berada pada perbatasan antara Kota Magelang dengan Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang dibangun pada tahun 1988. Jembatan rangka batang pipa air yang melintasi Sungai Progo mengalami defleksi atau lendutan yang akan menyebabkan jembatan runtuh jika beban terlalu berat. Defleksi atau lendutan menimbulkan permasalahan bagi warga yang mengkonsumsi air dari PDAM Kota Magelang sehingga perlu dilakukan evaluasi jembatan rangka batang tersebut. Pengukuran jembatan pipa air Sungai Progo Magelang menggunakan alat Theodolite untuk mengetahui defleksi atau lendutan yang terjadi di lapangan. Perhitungan teoritis menggunakan metode titik buhul dengan rumus Castigliano untuk mengetahui defleksi atau lendutan yang terjadi pada rangka batang jembatan pipa air Sungai Progo Magelang. Defleksi yang terjadi akan dibandingkan dengan lendutan yang diijinkan berdasarkan RSNI T 03-2005. Hasil pengukuran menunjukkan defleksi atau lendutan existing pada jembatan rangka batang pipa air Sungai Progo Magelang sebesar 0,800 cm, sedangkan hasil perhitungan secara teoritis menunjukkan defleksi atau lendutan sebesar 1,164 cm dan defleksi atau lendutan yang diijinkan berdasarkan RSNI T 03-2005  sebesar 4,75 cm. Berdasarkan hasil pengukuran dan perhitungan secara teoritis jembatan pipa air Sungai Progo Magelang masih aman sebagai penyangga pipa air.

Keywords


Jembatan, Rangka Batang, Defleksi Vertikal, RSNI T 03-2005

Full Text:

PDF

References


Arifi, E., 2016, Pengaruh Konfigurasi Rangka dan Optimasi Profil terhadap Kinerja pada Struktur Jembatan Rangka Baja, Universitas Brawijaya, Malang.

Husada, G., 2012, Pengaruh Penambahan Beban pada Rangka Atap terhadap Lendutan, Universitas Kristen Maranatha, Bandung.

Hariandja, B., 1996, Mekanika Teknik: Statika Dalam Analisis Struktur Berbentuk Rangka, Erlangga, Jakarta.

Ma’arif, F., 2012, Modul Pembelajaran Mekanika Teknik 2, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Ramamrutham, S., 1978, Theory of Structure, Formerly Senior Lecture, Department of Civil Engineering, National Institute RSNI T 03-2005, 2005, Perencanaan Struktur Baja untuk Jembatan, Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.

Setiawan, A., 2008, Perencanaan Struktur Baja dengan Metode LRFD, Erlangga, Jakarta.

Wesli, 2010, Mekanika Rekayasa, Graha Ilmu,Yogyakarta.

Wisnumurti, 2008, Presentase Penurunan Lendutan pada Model Jembatan Rangka Akibat Penambahan Kabel Prategang Eksternal Tipe Trapesium, Universitas Brawijaya, Malang.

Wongsotjitro, S., 1977, Ilmu Ukur Tanah, Yayasan Kanisius, Yogyakarta.

Zaeni, A., 2010, Perencanaan Jembatan Rangka Baja Tipe Baltimore Truss Di Atas Sungai Prau Kecamatan Tempuran, Universitas Tidar Magelang, Magelang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/.v1i1.2224

Article Metrics

Abstract view : 137 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil

P-ISSN: 2722-8037 E-ISSN: 2722-5844

Published by Department Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tidar

Sekretariat : Gedung FT 3 Lantai 4, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116. Email: jris@untidar.ac.id.