Title:


ANALISA PELAKSANAAN KEGIATAN CUSTOMER GATHERING PT FOODY DIREKTORI INDONESIA


Author:


Mail Orcid Angela Clarissa(1*)

(1) The London School of Public Relations, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jkkm.v3i2.1460| Abstract views : 64 | PDF views : 0

Abstract


Publik dalam sebuah perusahaan salah satunya adalah publik eksternal yaitu customer. Mengadakan sejumlah kegiatan dengan publik dari organisasi merupakan hal yang perlu dilakukan. PT Foody Direktori Indonesia merupakan salah satu perusahaan layanan direktori restoran yang mengadakan kegiatan customer gathering. Penelitian ini memiliki fokus pada pelaksanaan kegiatan customer gathering yang dilaksanakan oleh PT Foody Direktori Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pelaksanaan dari kegiatan customer gathering dan juga untuk melihat hambatan dan upaya dalam pelaksanaan gathering. Untuk menganalisa kegiatan gathering tersebut, penelitian ini menggunakan konsep 8 tahap perancanaan kegiatan public relations menurut Dennis L. Wilcox yang berisi situation, objectives, audiences, strategy, tactics, calendar/timetable, budget dan evaluation. Metode penelitian ini adalah analisa kualitatif dengan menggunakan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT Foody Direktori Indonesia melaksanakan kegiatan customer gathering ini sesuai dengan 8 tahap perencanaan kegiatan public relations menurut Dennis L. Wilcox. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa PT Foody Direktori Indonesia mengalami sejumlah hambatan pada saat pelaksaan gathering dan sudah memiliki upaya dalam mengatasi hambatan tersebut.


Keywords


Public Relations, Customer Relations, Customer Gathering

Full Text:

PDF

References


Abdurrachman, O. (2001). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Ardianto, D. D. (2011). Metodologi Penelitian untuk Public Relations- Kualitatif & Kuantitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Cartwright, R. (2003). Customer Relationships. United Kingdom: Capstone Publishing

Effendy, O. U. (2009). Human Relations dan Public Relations. Bandung: Penerbit Mandar Maju.

Istijanto. (2005). Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Jefkins, F., & Yadin, D. (2015). Public Relations (Kelima ed.). Jakarta: PT Erlangga. Nolte, Lawrence W. (2016), Fundamental of Public Relations: Professionals Guidelines, Concepts and Integration. United States of America: Elsevier.

Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi, Konsepsi dan Aplikasi (13 ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Raco, D. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Wilcox, D. L., Cameron, G. T., Ault, P. H., & Agee, W. K. (2005). Public Relations Strategies and Tactics (7th ed.). Boston: Allyn & Bacon.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jkkm.v3i2.1460

Article Metrics

Abstract view : 64 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Komunikasi dan Kajian Media

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats