Title:
Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Pegawai
Author:
Abstract
Dalam organisasi, komunikasi sangat penting. Dibutuhkan iklim komunikasi organisasi yang kondusif, baik dan nyaman agar kinerja pegawai dapat meningkat dan tujuan organisasi dapat tercapai. Namun iklim komunikasi organisasi dapat berubah saat terjadi perubahan organisasi yang menyebabkan aliran komunikasi tidak lancar dan diduga dapat berpengaruh terhadap kinerja pegawai maupun organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja pegawai Balai Litbangkes Banjarnegara dipengaruhi oleh iklim komunikasi organisasi. Skala Likert 4 pilihan dipilih sebagai skala pengukuran dalam penelitian kuantitatif ini, yang menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data.. Sampel penelitian merupakan total populasi sebanyak 44 responden, data dianalisis menggunakan uji regresi linier untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil temuan menunjukkan bahwa kinerja pegawai Balai Litbangkes Banjanegara dipengaruhi oleh iklim komunikasi organisasi. Kinerja yang meliputi kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, efektivitas, dan kemandirian di tempat kerja dapat dipengaruhi oleh iklim komunikasi organisasi yang terdiri dari kepercayaan, pengambilan keputusan kooperatif, dukungan, keterbukaan, dan perhatian terhadap tujuan kinerja tinggi.
Keywords
employee performance; organizational communication; organizational communication climate;
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31002/jkkm.v7i1.7419
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Cited By
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Komunikasi dan Kajian Media
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats