Title:


SINERGITAS KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE XT SQUARE YOGYAKARTA


Author:


Mail Ihya Nur Syamsiani(1*)

(1) Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jkkm.v7i2.7840| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Destinasi wisata semakin bermunculan dengan berbagai keunikan agar menarik minat wisatawan untuk berkunjung, mulai dari wisata alam hingga taman bermain. Salah satu tempat tujuan wisata di Yogyakarta adalah XT Square. Sebagai sebuah tempat tujuan wisata, XT Square memiliki upaya untuk membangun brand image sebagai tempat pariwisata sehingga meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan melalui kegiatan komunikasi pemasaran terpadu. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran dan analisis mengenai komunikasi pemasaran terpadu di XT Square Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan jenis data kualitatif. Peneliti menggunakan konsep model IMC dari Shimp. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ketiga perusahaan yang bernaung di XT Square yaitu PD Jogjatama Visesha, PT Demata Maris Indonesia, dan Kampayo berusaha melakukan koordinasi dalam menjalankan komunikasi pemasaran terpadu dalam membangun brand image XT Square Yogyakarta sebagai tempat pariwisata. Peneliti memberikan saran agar meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam merancang strategi dan program-program komunikasi pemasaran terpadu di masa mendatang.

Keywords


Komunikasi pemasaran terpadu, brand image, wisata.

Full Text:

PDF

References


Generalisasi Konsep Manajemen Strategik”. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, Vol.VI, No. 2, Oktober 2015; 56-72.

Ariza, M. K. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Objek Wisata Air Desa Ponggok Sebagai Desa Wisata Mandiri di Klaten. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Armstrong, G., & Kotler, P. (2007). Marketing An Introduction (Eight Edition). New Jersey: Prentice Hall.

Bungin, B. (2015). Komunikasi Pariwisata. Jakarta: Prenada Group.

Devashish, D. (2011). Tourism marketing. India: Pearson Education India.

Effendy, Onong Uchjana. (2002). Hubungan Masyarakat, Suatu Studi Komunikologis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Effendy, O. U. (2006). llmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Janita, D. (2005). Perspektif Baru dalam Strategi Branding. Jakarta: Amara.

Keller, K. L. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall.

Kennedy, J. E., & Soemanagara, R. D. (2006). Marketing Communication: Taktik dan Strategi. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer (kelompok Gramedia).

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip - Prinsip Pemasaran . Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lutfi, M. (2015). Universitas Brawijaya Menuju Daya Saing Asia: Merajut Realitas, Menggapai Kualitas, Berbasis Spiritualitas. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta:Cakra Ilmu.

Perdana, R. K. (2010). Pengaruh Citra Merek, Perceived Quality Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Merek Lifebouy ( Studi Pada Pengguna Shampoo Lifebouy di Kota Surakarta ). Surakarta: Universitas Sebelas Maret .

Riva'i, A. R. (2010). Membangun Kinerja Pemasaran Melalui Pencapaian Sinergitas Kerjasama Dan Keunggulan Posisional Bersaing Berlandaskan Relationship Marketing Outcomes. Proceeding Fakultas Ekonomi.

Ruslan, Rosady. (2012). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi (Edisi Revisi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Saladin, D. (2001). Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Bandung: Lindakarya.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indek.

Setiadi, N. J. (2015). Perilaku konsumen. Jakarta: Kencana.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Shimp, T. A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta:Salemba Empat

Sulaksana, U. (2007). Integrated Marketing Communication. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Supranto, & Limakrisna, N. (2011). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Utama, I. G. (2016). Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta: Deepublish.

Utama, I Gusti Bagus Rai. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.

Referensi Jurnal :

Febriani, M. (2014). "Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun Brand Image pada Media Sosial Twitter @PekanbaruCo". JOM FISIP Volume. 1 No. 02.

Prabela, C. V., Kumadji, S., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh Integrated Marketing Communication (IMC) dan Public Relations Terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 35 No. 2, 155-163.

Rafa’al, M. (2017). Gaya Komunikasi Pemasaran di Pemerintah: Promotion Mix Destinasi Tujuan Wisata Kabupaten Raja Ampat. Jurnal Studi Komunikasi Volume 1 Ed 1, 46-61.

Roostika, R. (2012). Citra Merek Tujuan Wisata dan Perilaku Wisatawan: Yogyakarta sebagai Daerah Tujuan Wisata. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Volume 1, Nomor 1, 41-54.

Solsolay, A. (2016). "Aktivitas Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) Pemerintah Kota Ambon dalam Mengkomunikasikan Brand “Ambon City Of Music” melalui Kegiatan Tiga Pilar IMC". THE MESSENGER, Volume VIII, Nomor 2, 86-99.

Widjaja, A., & Kunto, Y. S. (2014). "Analisa Persepsi Konsumen Tentang Atribut Produk AMDK". Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1, 1-8.

Referensi Internet/Website :

Pristiqa, A. W. (2015, April 12). Potensi Wisata XT Square Masih Susah Terangkat. Retrieved Agustus 24, 2018, from Tribunnews: http://jogja.tribunnews.com/2015/04/12/potensi-wisata-xt-square-masih-susah-terangkat

Putri, A. W. (2017, Oktober 19). Menjadikan Pariwisata sebagai Core Business Indonesia. Retrieved Agustus 24, 2018, from SWA.co.id: https://swa.co.id/wicf/news/menjadikan-pariwisata-sebagai-core-business-indonesia

Ratman, D. R. (2016, Januari 27). PEMBANGUNAN DESTINASI PARIWISATA. Retrieved Agustus 24, 2018, from Kementerian Pariwisata: http://www.kemenpar.go.id/userfiles/Paparan%20-%20Deputi%20BPDIP.pdf

XT Square Jogja. (2018). Fashion & Kerajinan: Zona Fashion & Kerajinan Produk UKM. Retrieved Agustus 24, 2018, from XT Square Jogja: https://www.xtsquare.co.id/kerajinan/

XT Square Jogja. (2018). Profil XT Square Jogja . Retrieved Agustus 24, 2018, from XT Square Jogja: https://www.xtsquare.co.id/profil/




DOI: https://doi.org/10.31002/jkkm.v7i2.7840

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Komunikasi dan Kajian Media

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats