Title:


PENGARUH PUPUK TINJA AYAM DAN TANAH INCEPTISOL TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DENGAN VARIETAS YANGAMBI D x P PPKS 239 DI PEMBIBITAN AWAL (PRE NURSERY)


Author:


Mail Tri Margiarso(1*)
Mail Baren Puspita(2)

(1) Politeknik Malinau, 
(2) Politeknik Malinau, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 96 | PDF views : 0

Abstract


Latar belakang penelitian ini dengan adanya permasalahan mendorong kultur teknis dari bahan tanam hibrid (benih kelapa sawit (Elaeis gueneensis Jacq.)) beserta lingkungannya. Sokongan utama ditinjau melalui faktor teknis, dalam penggunaan media tanam sebagai nutrien tanaman berupa tinja ayam (Chicken Feces) (1,00% N, 0,80% P205 dan 0,40% K20). Tinja ayam yang termasuk unsur organik fungsinya dalam tanah adalah untuk subtitusi perbaikan struktur tanah sekaligus merupakan sumber nutrien bagi perkembangan morfologis tanaman. Tinja ayam atau unggas memiliki nutrien yang lebih besar dari pada jenis ternak lain. Konkritnya, dengan adanya tinja ayam dan tanah Inceptisol ini dapat membentuk komposisi buatan di Pembibitan Awal (Pre Nursery). Tujuan penelitian ini yakni; 1) untuk mengetahui bagaimana interpretasi pemberian campuran tinja ayam dengan tanah Inceptisol dengan takaran yang berbeda sehingga memberikan pertumbuhan morfologis bibit kelapa sawit (Varietas Yangambi D x P PPKS 239); dan 2) untuk mengetahui pemberian pupuk tinja ayam dan tanah Inceptisol yang baik atau menguntungkan dalam pertumbuhan bibit kelapa sawit (Varietas Yangambi D x P PPKS 239). Tahapan metode ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif sehingga memiliki proses yang sistematis. Rancangan Acak Kelompok Petak-Terbagi (Split-Plot in Block Randomized Design), yaitu: 1) pada Rangkap I menggunakan perbandingan 2 takaran tanah inceptisol + 1 takaran tinja ayam; 2) pada Rangkap II menggunakan perbandingan 2 takaran tanah inceptisol + 2 takaran tinja ayam; 3) pada Rangkap III menggunakan perbandingan 2 takaran tanah inceptisol + 3 takaran tinja ayam. Luaran yang ditargetkan berupa: 1) Publikasi Ilmiah Jurnal Nasional Terakreditasi; dan 2) Prosiding dalam pertemuan ilmiah Nasional

Keywords


Tinja Ayam, Tanah Inceptisol, Benih Kelapa Sawit, Pre nursery

Full Text:

PDF

References


Suwarto dan Yuke Octavianty. 2010.Budidaya 12 Tanaman Perkebunan Unggul. Penebar Swadaya. Jakarta.

Suyatno Risza, 1994. Seri Budidaya Kelapa Sawit : Upaya Peningkatan Produktivitas. Penerbit : Kanisius. Yogyakarta.

Abun, 2008. Nutrisi Mineral pada Unggas. Bahan Ajar Mata Kuliah Nutrisi Unggas dan Monogastrik. Fakultas Peternakan, Universitas Padjajaran. Hal: 17.

Moch. Munir, 1996. Tanah-Tanah Utama Indonesia: Karakteristik, Klasifikasi, dan Pemanfaatannya. Penerbit: Pustaka Jaya. Jakarta.

Bewley, J.D. and M. Black, 2009. Seed Physiology of Development and Germination. Plenum Press New York and London. Plant Physiology Research. 349 p.

Kemas Ali Hanafiah, MS. (2002) Rancangan Percobaan. Penerbit: Palembang Rajawali Pers

Ali Munawar, 2011. Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman. Penerbit : IPB Press. Bogor.


Article Metrics

Abstract view : 96 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SEMNAS "PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM BERKESINAMBUNGAN DI KAWASAN GUNUNG BERAPI"

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2716-330X